Selasa 12 Mei 2020, 07:39 WIB

Pergub Sanksi PSBB Percuma Jika tidak Ada Kesadaran Warga

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pergub Sanksi PSBB Percuma Jika tidak Ada Kesadaran Warga

MI/PIUS ERLANGGA
Petugas gabungan dari Kepolisian Polda Metro Jaya dan Dishub Pemprov DKI Jakarta melakukan penindakan pelanggaran PSBB, Sabtu (9/5).

 

ANGGOTA DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Gembong Warsono angkat bicara soal Peraturan Gubernur No. 41 tahun 2020 tentang Pengenaan Sanksi Terhadap Pelanggaran PSBB Dalam Rangka Penanganan Covid-19 di Jakarta.

Menurutnya, tanpa ada kesadaran warga untuk patuh terhadap aturan PSBB, pergub tersebut tidak berarti.

"Ini kan dibutuhkan kesadaran kolektif warga dalam memberantas Covid-19. Mesti menyadari bahwa penularan virus itu bahaya, sehingga mematuhi Pergub (41/2020) itu," jelas Gembong kepada Media Indonesia, Selasa (12/5).

Menurutnya, selama ini warga ada yang sudah patuh terhadap aturan PSBB di Jakarta. Namun, tak sedikit juga warga mengabaikan aturan itu. Contonya seperti banyaknya perusahaan-perusahaan di Jakarta yang tidak dikecualikan, masih ngotot beroperasi.

Diketahui sampai (11/5), Disnaker DKI Jakarta menutup sementara 184 perusahaan dengan 16.424 karena melanggar PSBB.

"Dengan adanya pergub tersebut, kegiatan yang tidak dikecualikan seharusnya tidak diizinkan selama PSBB. Tentunya, Pemprov DKI punya andil di sini," tutur ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta itu. .

Baca juga: Tak Pakai Masker dan Berkerumun di Jakarta Kena Denda Rp250 Ribu

Pergub 41/2020 sudah efektif berlaku sejak 30 April lalu. Otomatis, warga yang melanggar kegiatan yang selama dibatasi dalam PSBB, bakal dikenakan denda.

Sanksi yang diberikan berbeda-beda sesuai kegiatan yang dilarang selama PSBB. Ada sanksi berupa teguran tertulis, sanksi sosial, atau denda dari yang terkecil Rp100 ribu hingga ada yang mencapai Rp50 juta.

"Pemprov DKI harus tegas memberikan sanksi kepada yang bersangkutan. Sekian bulan warga sudah ada yang patuh, hargai itu," pungkas Gembong. (A-2)

Baca Juga

 MI/ANDRI WIDIYANTO

Dinas Gulkarmat Lakukan Penyemprotan Disinfektan di 46 Lokasi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 31 Mei 2020, 08:25 WIB
Dinas Gulkarmat DKI Jakarta melakukan penyemprotan disinfektan atau sterilisasi lingkungan di fasilitas umum, fasilitas sosial, dan...
MI/Susanto

Pengelola Mal Bersiap Operasi Kembali

👤Ins/Ssr/J-1 🕔Minggu 31 Mei 2020, 05:44 WIB
Semua orang wajib menggunakan masker selama berada di area Grand Indonesia. Kami menerapkan physical distancing dengan memasang stiker...
DOK MI

Dinkes DKI: Positif Covid-19 di Jakarta Capai 7.153 Kasus

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 03:20 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah meningkatkan kapasitas pemeriksaan metode RT-PCR, dengan membangun Laboratorium Satelit Covid-19,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya