Selasa 12 Mei 2020, 05:45 WIB

Unair Temukan Senyawa Obat Covid-19

FL/H-1 | Humaniora
Unair Temukan Senyawa Obat Covid-19

ANTARA FOTO/Moch Asim
BIN memberikan bantuan sejumlah peralatan laboratorium kepada Unair untuk penelitian COVID-19.

 

KABAR menggembirakan datang dari Surabaya, Jawa Timur. Tim Riset Covid-19 Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan lima senyawa yang diharapkan bisa menjadi salah satu obat untuk mengobati pasien korona (covid-19).

“Lima senyawa ini disintesis berdasarkan bahan alam, lalu dimodifikasi dengan sintesis secara kimia,” ungkap anggota Tim Riset Covid-19 Unair, Prof dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih MSi, di Surabaya, kemarin.

Kendati demikian, Unair masih harus melakukan serangkaian uji coba, apalagi diproduksi secara massal untuk digunakan mengobati pasien.

“Yang pasti, senyawa ini memiliki daya ikat sangat kuat ke covid-19. Tapi tidak bisa secepatnya lantas produksi, ada tahapan yang harus dilalui,” jelas Nyoman.

Untuk bisa diakui secara internasional dan bisa diproduksi secara massal, hasil penelitian harus dituangkan dalam jurnal internasional untuk mendapat tanggapan serta uji keabsahan hasil penelitian dari para ilmuwan sebagai tahapan yang harus dilalui dalam waktu dekat.

“Publikasi penelitian di jurnal internasional menunjukkan kredibilitas hasil penelitian yang sudah dilakukan,” katanya.

Rektor Unair M Fasih, dalam kesempatan terpisah, mengatakan jika senyawa ini banyak mendapat tanggapan serta koreksi dari para pakar, itu akan dijadikan masukan terhadap temuan tersebut.

Jadi, tegasnya, prosesnya masih sangat lama dan panjang. “Proses persiapan dan pengujian yang panjang membutuhkan setidaknya satu tahun sampai obat bisa digunakan,” tegasnya.

Untuk diketahui, para il­muwan saat ini tengah berlomba-lomba menemukan vaksin atau obat untuk covid-19. Belum lama ini, sejumlah peneliti di Hong Kong mengklaim berhasil mengombinasikan tiga obat yang cukup ampuh menyembuhkan para pasien korona.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal medis Lancet menyebutkan orang yang diobati dengan tiga obat itu berhasil menurunkan gejala covid-19 dalam kurun waktu lima hari. (FL/H-1)

Baca Juga

Antara

Bertemu Jokowi, JK Bahas Soal PSBB DKI Jakarta

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:05 WIB
Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) mengatakan sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo membahas pembatasan sosial...
Ilustrasi

New Normal, Perlu Perhatian Khusus untuk Perempuan

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:59 WIB
Komnas Perempuan mendorong integrasi berperspektif Hak Asasi Manusia (HAM) yang inklusif dan interseksional, dengan perhatian khusus...
Dok Universitas Indonesia.

Hadapi New Normal, UI Menjadi Mitra Kemenhub

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:29 WIB
Ada kecenderungan perubahan kebijakan publik yang dilakukan pemerintah dari kebijakan yang berfokus pada pencegahan dan penularan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya