Selasa 12 Mei 2020, 00:50 WIB

Mau Terbang Dari dari KNIA? Ini Prosedurnya

Yoseph Pencawan | Nusantara
Mau Terbang Dari dari KNIA? Ini Prosedurnya

MI/Ramdani
Bandara Internasional Kualanama, Deli Serdang, Sumatera Utara

 

PENERBANGAN niaga berjadwal rute domestik kembali diperbolehkan beroperasi mengangkut penumpang sejak 7 Mei 2020, termasuk di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara. Kendati demikian, hanya penumpang yang sudah memenuhi persyaratan sesuai yang tercantum dalam Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 nomor 4/2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sebenarnya bukan hanya di KNIA, prosedur ini juga diterapkan di seluruh bandara yang dikelola perseroan dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di lapangan," terang kata Executive General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura II (Persero) KNIA Djodi Prasetyo, Senin (11/5).

Prasetyo mengatakan prosedur ini dijalankan secara ketat dengan tahapan yang detil. Karena itu pihaknya mengimbau agar calon penumpang pesawat sudah hadir di bandara 3-4 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Lebih teknis dia menjelaskan, di terminal keberangakatan KNIA terdapat Posko Pengendalian Percepatan Penanganan Covid-19. Di posko tersebut calon penumpang harus menunjukkan berkas kelengkapan perjalanan. Antara lain tiket penerbangan, identitas diri, surat keterangan bebas Covid-19, surat keterangan perjalanan, dan berkas lain yang wajib dipenuhi sesuai.

Di posko tersebut calon penumpang juga wajib mengisi kartu kewaspadaan kesehatan (Health Alert Card/HAC) dan formulir penyelidikan epidemiologi yang diberikan personel KKP.

Jika seluruh berkas lengkap dan HAC serta formulir epidemiologi sudah diisi, selanjutnya calon penumpang menuju ke meja pemeriksaan kedua. Di meja pemeriksaan tersebut seluruh berkas di cek ulang, begitu juga dengan HAC dan formulir penyelidikan epidemiologi.

Setelah dinyatakan lengkap, calon penumpang akan mendapat surat clearance dari personel KKP. Berbekal surat clearance, calon penumpang kemudian menuju konter check-in untuk mendapatkan boarding pass.

Setelah dari konter check-in, calon penumpang kemudian menuju Security Check Point 2 (SCP 2) untuk menjalani pemeriksaan dokumen oleh petugas Avsec. (R-1)

Baca Juga

MI/Djoko Sardjono

Polres Klaten Giatkan Kampung Siaga Antisipasi Covid-19

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:16 WIB
Kampung siaga Covid-19 di daerah ini sebagai persiapan wilayah hukum Polres Klaten memasuki new...
MI/Heri Susetyo

Ogah Dirapid Test Pedagang Pasar Taman Dijemput Aparat

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 03 Juni 2020, 18:00 WIB
SEJUMLAH pedagang di Pasar Taman Kabupaten Sidoarjo membandel tidak mau dirapid test dijemput aparat...
Istimewa

Petani Empat Lawang Maksimalkan Alsintan Hadapi Musim Tanam II

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 17:42 WIB
PETANI di Kabupaten Empat Lawang bersiap menghadapi musim tanam kedua tahun ini dan akan memanfaatkan alat mesin pertanian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya