Senin 11 Mei 2020, 22:55 WIB

Pelanggaran PSBB Didominasi Tidak Pakai Sarung Tangan

Tjondro Resmiati | Nusantara
Pelanggaran PSBB Didominasi Tidak Pakai Sarung Tangan

Antara/Abriawan Abhe
Penjual menawarkan sarung tangan ke pengendara motor di Makassar

 

Sejak diterapkannya PSBB hingga hari ini tercatat jumlah pelanggaran menurun pada check point C di jalan kecil atau jalur tikus wilayah desa Sayang menuju jalur mudik selatan arah Tasikmalaya. Namun, banyak pelanggaran terjadi pada posko di jalan raya provinsi arah Garut/Sumedang.

Soal penggunaan masker, kepatuhan warga relatif tinggi. Namun, tidak demikian dengan aturan penggunaan sarung tangan. Banyak pengendara sepeda motor yang mengabaikannya.

"Hari ini saja dalam dua jam tercatat 75 pelanggaran sarung tangan. Kalau yang hendak mudik tidak ada," ujar Petugas Satpol PP, Yanyan di posko PSBB/check point B, Senin (11/5).

Baca juga: Kebakaran Kapal Tanker di Belawan, Satu Tewas

Pelanggaran physical distancing pada kendaraan umum juga terjadi. "Dari 9 kendaraan umum yang dihentikan, sebanyak 32 orang dipindahkan tempat duduknya," lanjutnya.

Sementara itu pada posko PSBB jalur jalan tikus menuju jalur mudik arah Tasikmalaya, petugas memaksa putar balik kendaraan berpelat nomer luar Sumedang dengan asumsi akan melakukan perjalanan mudik.

"Tercatat ada 15 mobil dipaksa putar balik dari total 25 mobil yang dihentikan pada malam hingga dini hari," tukasnya.

Menurut staf kecamatan yang bertugas di posko checkpoint C, Endang, banyak warga yang tinggal di Tasikmalaya menggunakan kendaraan berpelat nomer Jakarta. "Sehingga mereka tidak dikenai sanksi," tandasnya. (OL-14)

 

Baca Juga

Mi/Hijrah Ibrahim

Istri Wali Kota Tidore Juga Dipastikan Positif Covid-19

👤Hijrah Ibrahim 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:01 WIB
Transmisi lokal istri wali kota dimaksud adalah dari pasien nomor 100 yakni mendiang Sekretaris Kota Tidore Kepulauan, Asrul Sani Soleman,...
MI/Djoko Sardjono

Penyekatan Pemudik di Klaten, 492 Kendaraan Diputar Balik

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 08:30 WIB
Penyekatan kendaraan di Prambanan, yang merupakan perbatasan Kabupaten Klaten dengan DIY, juga merupakan rangkaian kegiatan operasi...
Medcom

Satu Karyawan Positif Covid-19, Toserba di Ciamis Ditutup

👤Kristiadi 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 06:49 WIB
Salah satu karyawan perempuan berinisial R, 51, terkonfirmasi positif covid-19 dari hasil swab yang telah keluar dari Labkesda...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya