Senin 11 Mei 2020, 18:55 WIB

Bocah 11 Tahun Buat Rekor Baru Skateboard

Galih Agus Saputra | Weekend
Bocah 11 Tahun Buat Rekor Baru Skateboard

Instagram @gui_khury
Gui Khury, skateboarder berusia 11 tahun asal Brasil melampaui rekor putaran 900 derajat yang dibuat Tony Hawk tahun 1999.

SUDAH lebih dari dua dekade, pemain skateboard profesional asal Amerika Serikat (AS), Tony Hawk membuat geger dunia olahraga ekstrem dengan putaran 900 derajat. Namun, bocah berusia 11 tahun kini telah mematahkan rekor itu dengan putaran 1080 derajat.

Gui Khury, skateborder cilik asal Brasil tersebut membuat rekor saat memanfaatkan waktu di masa libur sekolah karena pandemi korona (covid-19). Gui ialah orang pertama, sekaligus termuda di dunia yang berhasil melakukan trik putaran 1080 derajat di lintasan vertikal (vertival ramp). 

"Biasanya dia memiliki kehidupan di sekolah dan dia tidak punya banyak waktu untuk berlatih. Ketika dia pulang dari sekolah, dia lelah," tutur Ayah skateboarder cilik itu, Ricardo Khury, sebagaimana dilansir The Guardian.

Ricardo juga menceritakan bahwa selama masa karantina ini, Gui selalu mengikutinya ke rumah nenek yang membutuhkan waktu perjalanan selama 20 menit. Sepulang dari rumah sang nenek untuk mengantar makanan, bocah yang sebelumnya berhasil melakukan putaran 900 derajat di usia delapan tahun itu, lantas minta diantar ke tempat latihan. Di jalan itu lah, kata Ricardo, Gui mengukir prestasi bersejarah.

"Ya Tuhan, apa yang baru saja saya lakukan? Lalu, Ok, saya berhasil mendarat. Sekarang, waktunya saya membuat perayaan," terang Gui, saat diminta keterangan terkait keberhasilannya melakukan salah satu 'trik keramat' di dunia skateboard itu.

Hawk yang kini berusia 51 tahun membuat rekor putaran 900 derajat pada 1999. Skateboder asal AS lainnya, Tom Schaar sebenarnya juga pernah melakukan putaran 1080 derajat pada 2012. Hanya saja, ia tidak melakukannya di vertival ramp, tetapi di lintasan vertikal raksasa (mega ramp) yang menghasilkan kecepatan maupun lompatan lebih tinggi, ketimbang lintasan yang digunakan Hawk dan Gui. (M-1)

Baca Juga

AFP/JOHANNES EISELE (STF)

Arloji Cerdas dikembangkan untuk Deteksi Corona

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 19:35 WIB
Fitbit, bersama dengan Apple, juga berkolaborasi dengan Stanford Healthcare Innovation Lab dalam COVID-19 Wearables...
Unsplash/ William Iven

Tabungan Bertambah Saat WFH? Anda Tetap Disarankan Berhemat

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:55 WIB
Meski banyak orang yang turun pendapatan karena pandemi, banyak pula yang tabungannya justru bertambah karena beruntung masih bergaji penuh...
A Jamieson

Ada Penampakan Spesies Gurita Langka di Palung Sunda

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 29 Mei 2020, 13:10 WIB
Mereka menjuluki spesies gurita laut dalam yang mereka temui ini dengan sebutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya