Senin 11 Mei 2020, 15:45 WIB

Ini Sektor yang Turun Permintaan Kreditnya dan Macet

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Ini Sektor yang Turun Permintaan Kreditnya dan Macet

MI/Supardji Rasban
Dampak covid-19, pekerja perhotelan banyak dirumahkan.

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan terdapat beberapa sektor yang mulai mengalami penurunan permintaan kredit hingga kredit macet.  Sektor-sektor tersebut bagian yang terdampak langsung dari pandemi covid-19.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menjelaskan, sektor-sektor yang mulai mengalami kredit macet dan penurunan permintaan kredit di antaranya perhotelan, transportasi dan restoran. Sektor-sektor tersebut terdampak karena pengunjung dan penggunanya turun drastis akibat pandemi.

"Hotel penghuninya sudah berkurang banyak, transportasi sudah juga berhenti restoran juga sudah tidak ada pengunjungnya. Tapi ini semua kan bersifat sementara dan akan kita lihat kondisinya," ungkap Wimboh dalam video conference KSSK, Senin (11/5).

Selain itu, kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) dari data dimiliki oleh OJK juga mencatatkan adanya kenaikan 2,77% dibanding posisi Desember 2019 sebesar 2,53%.

"Beberapa sektor pendorong tingginya NPL yaitu transportasi, pengolahan, dan rumah tangga," sambungnya.

Meskipun demikian Wimboh menambahkan, OJK melihat kredit-kredit sebetulnya masih tumbuh karena perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai fasilitas kredit yang ada.

"Kredit masih tumbuh karena perusahaan yang punya fasilitas masih menarik karena di kondisi ini mereka justru memerlukan tambahan kredit dimana fasilitasnya sudah ada dan ada yang sudah direncanakan sebelumnya harus jalan proyeknya dan ini tetap jalan," pungkas Wimboh. (E-1)

Baca Juga

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian/Tim Riset MI-NRC

89 Proyek Penggerak Ekonomi

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 05:24 WIB
Selama 2020-2024, proyek strategis nasional ditargetkan bisa menyerap 4 juta tenaga kerja setiap...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.

Sensus Penduduk Daring Berakhir

👤(Mir/E-3) 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:30 WIB
BADAN Pusat Statistik (BPS) menutup sensus penduduk daring tadi malam pukul 23.59 WIB. Hingga kemarin siang, sensus yang dimulai sejak 15...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Pasar Optimistis Prospek Ekonomi ke Depan

👤HILDA JULAIKA 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:20 WIB
RENCANA pembukaan kembali sejumlah aktivitas perekonomian dan terjaganya stabilitas sistem keuangan Indonesia menimbulkan optimisme...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya