Senin 11 Mei 2020, 12:31 WIB

​​​​​​​Satpol PP: Kerumunan di McD Sarinah Langsung Dibubarkan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
​​​​​​​Satpol PP: Kerumunan di McD Sarinah Langsung Dibubarkan

MI/RAMDANI
Pengunjung antre membeli makanan cepat saji McDonald's, di gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu(10/5).

 

KEPALA Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyesalkan terjadinya kerumunan puluhan orang di malam penutupan restoran cepat saji McDonald's Sarinah yang berlangsung tadi malam.

Arifin menyebut ia tidak menduga ada kerumunan massa sebesar itu. Namun, setelah mendapat laporan, ia langsung menerjunkan petugas untuk pembubaran massa.

"Kita dapat laporan. Maka kemudian Satpol PP meluncur ke lokasi untuk membubarkan kerumunan itu," kata Arifin saat dihubungi, Senin (11/5).

Arifin menegaskan pihaknya juga tidak mengetahui bahwa pengelola akan melakukan seremonial penutupan. Padahal seharusnya hal tersebut tidak dilakukan di situasi pandemi covid-19 karena jelas akan mengundang kerumunan massa.

Selain itu, ia juga telah memberikan teguran keras kepada pengelola.

"Ya sudah tutup. Kan kita menegur keras. Menegur dengan keras itu dalam artian kita menegur pihak penyelenggara kegiatan itu karena seharusnya tidak perlu lagi ada kegiatan yang sifatnya seremoni. Apalagi itu kan di pinggir jalan," tegasya.

Baca juga: Satpol PP tidak Menduga Adanya Kerumunan di McD Sarinah

Menurutnya, warga datang berkerumun karena ingin merekam proses penutupan McDonald's Sarinah.

"Jadi McD itu di Sarinah itu kemarin itu mereka hari terakhir operasi. Terakhir buka dan mereka mengadakan semacam kegiatan closing. Nah, ketika closing itu mereka tidak banyak, tapi karena itu kegiatan di jalan sehingga orang ikut berkerumun. Nah, karena banyak orang, muncul lah di beberapa viral di beberapa medsos," ungkapnya.

Sebelumnya, pada Minggu (10/5) malam warga datang berkumpul di McDonald's Sarinah untuk melihat proses penutupan cabang pertama restoran cepat saji McDonald's di Indonesia itu. Hal ini disayangkan oleh banyak pihak termasuk Koalisi Pejalan Kaki melalui akun Twitter resminya Koalisi Pejalan Kaki prihatin banyak warga yang tidak menjaga physical distancing.

Kabar penutupan McDonald's Sarinah sempat viral beberapa hari lalu. McDonald's Sarinah ditutup dan tidak akan beroperasi kembali karena PT Sarinah (Persero) selaku pengelola Plaza Sarinah akan merombak total gedung pusat perbelanjaan pertama di Indonesia itu menjadi pusat promosi produk lokal. McDonald's yang notabene adalah produk makanan cepat saji dari AS pun tidak sesuai dengan konsep baru Sarinah dan diminta untuk tutup. (A-2) 

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya