Senin 11 Mei 2020, 11:50 WIB

UI Berikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Depok

media indonesia | Megapolitan
UI Berikan Bantuan Bagi Warga Terdampak Covid-19 di Depok

Dok. UI
Warga sekitar kampus UI di Depok menerima bantuan paket kebersihan diri dari Universitas Indonesia

 

Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI berpartisipasi memberikan bantuan berupa ratusan paket kebersihan diri bagi warga di sekitar kampus UI Depok, khususnya di wilayah Kukusan.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Direktur DPPM UI Agung Waluyo, Ph.D, kepada Sekretaris Kelurahan Gunawan pada Jumat (8/5) di Balai Pertemuan Kukusan Kelurahan.

Paket tersebut terdiri atas cairan pencuci mulut 672 botol, shampoo pencuci rambut 408 botol, pasta gigi 432 buah, sikat gigi 288 buah, masker 300 buah, sabun 72 buah, dan sabun cuci tangan 17 botol.
 
Dalam kesempatan terpisah, Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi Prof. Dr. Abdul Haris menyebut dalam menghadapi pandemi ini, seluruh elemen perlu saling membantu dan menjaga. "Penyerahan bantuan UI ini merupakan bentuk kepedulian UI yang ingin berperan aktif dalam mencegah penyebarluasan covid-19," lanjutnya.

DPPM UI, imbuh Haris, memiliki tugas untuk melayani masyarakat. "Pelayanan ini terwujud dalam memberikan informasi, juga pendampingan, dan pendistribusian bantuan pada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Haris.

Gunawan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UI. “Bantuan dari UI ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat agar tetap menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tengah mewabahnya covid-19,” ungkap Gunawan.

Sementara itu, Agung berharap aksi ini diharapkan dapat membantu para pihak yang terdampak covid-19. “Pihak yang terdampak, dalam artian, mereka yang kepala rumah tangganya mengalami pemutusan hubungan kerja atau yang tidak bisa lagi berdagang karena ditutupnya beberapa area publik akibat pandemi ini,” jelas Agung.
 
Kegiatan ini juga merupakan program pengabdian masyarakat UI yang telah rutin diagendakan setiap tahunnya, namun dikarekan situasi darurat saat ini, program aksi nyata sivitas akademika UI diganti menjadi program aksi sosial.

Baca juga: Denny Siregar: Pengacara Said Didu, Pengacara yang Kalah

Dalam kegiatan ini, UI berkoordinasi dengan pihak kelurahan agar dapat mendistribusikan bantuan tersebut melalui RT/RW kepada kepala keluarga. Menurut data kelurahan, dari sekitar 8000 warga yang tinggal di Kelurahan Kukusan, ada 800 keluarga yang terdampak ekonominya.
 
Menurut Agung, bantuan yang disampaikan oleh UI berasal dari penggalangan donasi, baik dari internal maupun eksternal UI.

UI berkomitmen untuk terus mendampingi masyarakat di tengah pandemi covid-19. "Oleh karena itu, demi menjalankan tugas tersebut, DPPM UI tetap menjalankan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat melalui pendistribusian bantuan sosial yang diharapkan dapat membantu masyarakat dan menghentikan penyebarluasan covid-19," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

MI/Bary Fathahilah

Pelanggaran PSBB Meningkat, Jumlah Denda Capai Rp700 Juta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 06:23 WIB
Angka ini mengalami peningkatan 14,2% karena pada 29 Mei tercatat jumlah denda yang terkumpul mencapai Rp600...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Tirai Plastik Tameng Penyebaran Covid-19

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:45 WIB
SUASANA berbeda terlihat di sejumlah kios pasar di wilayah Kota...
 MI/PIUS ERLANGGA

Sejak April, 1.290 Perusahaan Disidak, 210 Ditutup

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 05:42 WIB
Tercatat sebanyak 210 perusahaan telah ditutup dari hasil sidak tersebut. Para perusahaan itu merupakan perusahaan yang bergerak di bidang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya