Senin 11 Mei 2020, 11:10 WIB

TurunTangan Bangkitkan Semangat 1.000 Pekerja Seni di Jakarta

media indonesia | Megapolitan
TurunTangan Bangkitkan Semangat 1.000 Pekerja Seni di Jakarta

Dok. TurunTangan
Pemberian bantuan bagi pekerja seni oleh TurunTangan

 

Kelompok pekerja seni adalah salah satu kelompok yang terdampak pandemi covid-19. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Ditjen Kebudayaan, sedikitnya ada 40.081 seniman yang terdampak ekonomi akibat covid-19 di Indonesia.

Para pekerja seni kini tak lagi bisa beraktivitas karena adanya larangan kerumunan orang, sehingga mereka tak bisa lagi mengadakan pertunjukan.

Oleh karena itulah, Gerakan TurunTangan mengadakan program apresiasi untuk membangkitkan semangat pekerja seni. Bentuk apresiasi TurunTangan adalah memberikan sembako kepada mereka.

Relawan TurunTangan, Azmi Kautsar mengungkapkan program donasi pekerja seni tersebut merupakan kerja sama antara TurunTangan dengan Kitabisa.com serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Mereka akan membagikan total 1.000 paket sembako ke lima kotamadya di provinsi DKI Jakarta. Paket berisi  beras 10 kilogram (kg), minyak goreng 2 liter, kopi 165 gram, sirup botol, gula 1 kg, mi instan 5 pcs, kecap 520 ml, sarden 425 gram, dan peralatan mandi seperti sabun 5 pcs.  

Baca juga: DKI: 3.992 Perusahaan dengan 1 Juta Pegawai Sudah WFH

Kegiatan ini sudah berlangsung selama hari pada 5-9 Mei 2020. Mobil TurunTangan lawan COVID-19 berkeliling kota di DKI Jakarta dari sanggar ke sanggar. Ada sekitar 30 sanggar dan komunitas seni di Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan yang disambangi.

"Apresiasi kami untuk pekerja seni ini tidak terbatas pada bidang seni tertentu. Kami memberikannya, mulai dari penari, pesilat, pemusik, sampai pelestari budaya Betawi seperti lenong, palang pintu, ondel-ondel, dan lain-lain," kata Azmi.

Hajah Tonah, Ketua Sanggar Sinar Jaya menyampaikan terima kasih atas apresiasi TurunTangan.
"Terima kasih atas apresiasi yang kalian berikan. Saya yakin ini akan memberikan manfaat untuk pekerja seni di sanggar ini,” katanya.

Semoga, lanjutnya, habis lebaran semuanya sudah kembali normal. "Kasihan para seniman di sini karena benar-benar mata pencahariannya cuma di situ,” paparnya. (OL-14)

 

Baca Juga

MI/Bary Fatahillah

Status PSBB Jakarta Belum Jelas, Warganet Riuh di Medsos

👤Imsi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 22:23 WIB
Ketua II Gugus Tugas Covid-19 DKI Jakarta, Catur Laswanto meminta warga menunggu kabar resmi tersebut....
AFP

H-1 PSBB, 4.074 Perusahaan di DKI Masih Terapkan WFH

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:19 WIB
Sebanyak 4.074 perusahaan di DKI masih konsisten menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menjelang H-1 masa...
Antara

DPRD : DKI Bakal Terapkan PSBB Transisi Selama 1 Bulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:33 WIB
Skema PSBB transisi selama satu bulan dirancang dengan monitoring dan evaluasi yang ketat dihampir tiap aktivitas warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya