Senin 11 Mei 2020, 09:52 WIB

Dampak Covid-19, Penjual Daging Sapi di Klaten Tiarap

Djoko Sardjono | Nusantara
Dampak Covid-19, Penjual Daging Sapi di Klaten Tiarap

MI/Djoko Sardjono
Pedagang daging sapi di Klaten, Jawa Tengah sepi pembeli akibat covid-19.

 

DAMPAK covid-19 mulai dirasakan oleh penjual daging sapi di Pasar Gede Klaten, Jawa Tengah. Di bulan Ramadan, permintaan daging sapi dari konsumen biasaya ramai, namun sejak ada covid-19 menjadi sepi. Masa paceklik bagi para penjual daging sapi dipastikan masih berlanjut hingga Idul Fitri 1441 H. Karena situasi pasar dua pekan mendatang diperkirakan belum normal. 

Situasi sulit yang dihadapi para penjual daging sapi akibat pandemi covid-19, dikemukakan Karjo, 62, jagal sapi, saat ditemui Media Indonesia di Pasar Gede Klaten, Minggu (10/5). Saat ini, pasar daging sapi sepi. Itu terjadi sejak virus korona mewabah. Kondisi ini membuat pedagang daging tiarap. Bahkan, ada di antara jagal sapi yang menghentikan pemotongan sapi.

"Karena permintaan daging sepi, saya sekarang tidak memotong sapi sendiri. Nah, daging yang saya jual di kios ini nempil (beli) dari teman jagal yang masih menyembelih sapi," jelasnya.

Sejak merebak wabah virus korona, Karjo tidak lagi memotong sapi sendiri karena permintaan daging sepi. Padahal, saat ini harga sapi potong cukup mahal, Rp15 juta-Rp20 juta per ekor. Menurut jagal sapi tersebut, pandemi virus korona yang menyebabkan permintaan pasar sepi. Jadi, bukan  karena harga daging tinggi. Harga daging ini stabil di kisaran Rp120.000  per kilogram.

baca juga: 39 TKA Asal Tiongkok Sempat Ditahan di Bandara Ternate

"Dampak Covid-19, benar-benar membuat paceklik penjual daging sapi. Masa panen dari berjualan daging menjelang Idul Fitri 1441 H pun melayang akibat wabah virus," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Gusti Tanati

Disemprot Water Canon, Satu Warga Jayapura Tewas

👤Marcel Kelen 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:38 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengklarifikasi bahwa korban dan rekannya disemprot water canon karena masih beraktivitas...
MI/Arnolduis Dhae

Bali dan Banyuwangi Sepakat Perketat Keluar Masuk Warga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:58 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan penduduk pendatang yang berpotensi masuk ke Bali di masa-masa arus balik...
MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya