Senin 11 Mei 2020, 07:08 WIB

Sidang Pemugaran Plaza Sarinah Dilakukan Pekan Depan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Sidang Pemugaran Plaza Sarinah Dilakukan Pekan Depan

MI/Ramdani
Pengunjung antre di gerai McDonald Sarinah, Minggu (10/5/2020) malam atau hari terakhir restoran cepat saji itu jelang tutup permanen.

 

GEDUNG Plaza Sarinah akan dirombak ulang agar menjadi lebih modern namun tidak meninggalkan kesan Indonesia karena fungsinya yang menjadi etalasi produk-produk lokal. Rencana perombakan dimulai pada Juni mendatang. Namun, sebelum dirubuhkan dan dibangun kembali, manajemen Plaza Sarinah yakni PT Sarinah (Persero) harus melalui sidang bersama Tim Sidang Pemugaran (TSP). Hal ini diwajibkan karena Sarinah akan diajukan sebagai bangunan cagar budaya.

"Infonya memang akan dibahas di TSP karena untuk perencanaan perlu ada saran dan pertimbangan dari TSP," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Norviadi S. Husodo kepada Media Indonesia, Senin (11/5).

Norviadi mengatakan PT Sarinah pun sudah meminta pelaksanaan sidang pemugaran dengan TSP. Sidang pemugaran dijadwalkan pekan depan.

"Tanggal 18 Mei dijadwalkan rapat pembahasan perencanaa tersebut di TSP," paparnya.

Sementara itu, saat ini Pemprov DKI Jakarta juga tengah memproses status cagar budaya Gedung Plaza Sarinah. Norviadi mengatakan pengajuan status cagar budaya telah dikirimkan kepada Gubernur DKI Jakarta.

"Sudah diusulkan menjadi cagar budaya, pada bagian dari gedung Sarinah yang masuk kriteria cagar budaya," jelas Norviadi.

Pengajuan status cagar budaya ini berdasarkan Pasal 5 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Dalam pasal itu disebutkan salah satu kriteria cagar budaya adalah berusia 50 tahun atau lebih dan memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan.

Sarinah merupakan pusat perbelanjaan modern pertama di Indonesia. Pembangunan gedung ini dirintis oleh Presiden Ke-1 RI Soekarno sebagai pusat promosi produk dalam negeri pada tahun 1962. Gedung dibangun selama empat tahun dan diresmikan pada 15 Agustus 1966 sehingga, gedung ini telah menginjak usia 53 tahun.(OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Risky Andrianto

8 Juni, Nikita Mirzani Hadapi Tuntutan Kasus Dugaan Penganiayaan

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 00:24 WIB
Dalam persidangan tersebut, Nikita membeberkan fakta mengapa penganiayaan yang dilaporkan oleh Dipo...
ANTARA

Satu Orang Penyebar Video Porno Mirip Syahrini Masih Dikejar

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 00:14 WIB
Atas dasar laporan tersebut penyidik Subdit Siber Polda Metro Jaya berhasil melacak pemilik akun Instagram tersebut yang berinisial M dan...
ANTARA/Fauzi Lamboka

Tabrakan dengan Trans-Jakarta, Sopir Bajaj Jadi Tersangka

👤Astri Novaria 🕔Kamis 28 Mei 2020, 23:42 WIB
Bus Trans-Jakarta melalui jalan utama dari halte ke arah Bintang Mas. Sementara, jalan yang dilalui pengemudi bajaj itu bukan jalan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya