Senin 11 Mei 2020, 06:20 WIB

Disiapkan, Kepulangan 34.300 Pekerja Migran

Despian Nurhidayat | Humaniora
Disiapkan, Kepulangan 34.300 Pekerja Migran

Depnaker/Human Rights Working Group/Serikat Buruh Migran Indonesia/Jaringan Buruh Migran/NRC/L-1/Grafis: Seno
Permasalahan Pekerja Migran Indonesia (PMI)

 

BADAN Pelindung Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah menyiapkan skema untuk menyambut kepulangan puluhan ribu pekerja migran Indonesia (PMI) ke Tanah Air dalam waktu dekat.

“Kita prediksi sampai Juni, kita catat akan ada 34.300 yang pulang. Kami sudah petakan dan pulang ke daerah mana saja,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat BP2MI Sukmo Yuwono ketika dihubungi, kemarin.

Lebih lanjut, Sukmo mengatakan para PMI tersebut akan pulang ke 7 destinasi antara lain Sumatra Utara sebanyak 2.878 orang, Lampung 1.814 orang, Jawa Barat 5.832 orang, Jawa Tengah 7.436 orang, Jawa Timur 8.913 orang, Bali 513 orang, dan Nusa Tenggara Barat sebanyak 4.202 orang.

Dalam penanganannya, Sukmo menegaskan BP2MI selalu bekerja sama dengan Gugus Tugas Nasional yang berjaga di embarkasi baik darat, laut, maupun udara.

“Kami punya 23 titik satgas daerah yang berada di Entikong, Tanjung Pinang, Batam, Soekarno Hatta dan bandara udara lainnya, termasuk
Tanjung Priok saat kepulangan ABK (anak buah kapal) kemarin,” sambung Sukmo.

Pada saat penanganan, Sukmo juga mengungkapkan pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan dan kerja sama dengan kantor karantina dan kantor imigrasi setempat.

Selain itu, apabila PMI yang datang dinyatakan positif setelah melakukan rapid test, mereka langsung dilarikan ke Wisma Atlet.

“Kita tiap hari berjaga berdasarkan laporan perwakilan kita, dan juga berdasarkan para PMI mandiri yang secara online menyampaikan ke kita sehingga kita jemput di embarkasi tersebut,” pungkasnya.

Sukmo juga menegaskan, BP2MI senantiasa memfasilitasi kepulangan PMI ke daerah-daerah jika dinyatakan negatif dan sehat.

“BP2MI akan bantu cari transportasi dengan surat jalan sehingga tidak akan ada lagi kekhawatiran bagi mereka,” tutup Sukmo.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah pusat dan daerah meningkatkan kewaspadaan menyambut kepulangan para pekerja migran menjelang Lebaran ini.

‘’Perlu antisipasi serius dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah asal mereka,” ujar Lestari dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Menurut Rerie, panggilan akrab Lestari, saat ini dibutuhkan upaya segera kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk menginventari sasi kesiapan sarana dan prasarana kesehatan di setiap daerah asal para pekerja migran tersebut. “Sehingga bila ada kekurangan tenaga dan per alatan medis di satu daerah, bisa segera diperbantukan dari daerah lain,” ujar Legislator Partai NasDem itu.

Berperan aktif

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta seluruh Atase Ketenagakerjaan berperan aktif dan meningkatkan upaya perlindungan dan penanganan PMI terkait pandemi covid-19.

“Kami minta kepada para atase Ketenagakerjaan untuk meningkatkan upaya pelindungan dan penanganan kasus PMI akibat wabah virus korona atau covid-19 di negara-negara penempatan,” ungkapnya dalam konferensi video dengan 12 atase Ketenagakerjaan dari 11 negara penempatan, kemarin.

“Para atase Naker saya minta waspada 24 jam, ponsel jangan dimatikan agar anak-anak kita bisa mengadu kapan pun. Ingat, orang sakit kan tidak kenal jam dan waktu,’’ ujar Ida.

Sementara itu, Human Rights Working Group (HRWG), Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI), Jaringan Buruh Migran (JBM), merilis survei
dampak covid-19 kepada para PMI.

“Secara keseluruhan, mereka cemas karena tidak punya pendanaan tetap. Mereka mengatakan tidak takut mati, mereka hanya takut tak memiliki masa depan. Banyak juga yang menyatakan ingin pulang ke Indonesia,” kata Deputi Direktur HRWG Daniel Awigra, kemarin. (X-10)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Jaga Kualitas Belajar Siswa, Sekolah Bisa Terapkan Matrikulasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 00:12 WIB
"Berapa lama matrikulasi akan dilakukan di setiap sekolah, diserahkan sepenuhnya kepada dinas pendidikan dan satuan pendidikan,"...
Dok Pribadi

Dicky Senda Merawat dan Merevitalisasi Tradisi

👤Bagus Pradana 🕔Kamis 04 Juni 2020, 00:10 WIB
KEINDAHAN alam di wilayah Gunung Mutis, gunung tertinggi di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, begitu...
Antara/Makna Zaezar

Kualitas Pembelajaran Harus Jadi Perhatian saat Terapkan PJJ

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 22:41 WIB
PJJ hendaknya dirancang sedemikian rupa dan kontennya disusun oleh para ahli di bidangnya serta didukung oleh infrastruktur IT yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya