Senin 11 Mei 2020, 05:50 WIB

Gugus Tugas Apresiasi Kepatuhan Warga

Putri Anisa Yuliani | Politik dan Hukum
Gugus Tugas Apresiasi Kepatuhan Warga

MI/SUSANTO
Petugas berjaga di pos pemeriksaan pertama di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin.

 

KETUA Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo kemarin Kmelakukan inspeksi men- dadak ke Terminal Pulo Gadung
dan Pulogebang, Jakarta Timur, untuk memantau pelaksanaan Surat Edaran Gugus Tugas Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Dia senang karena masyarakat patuh.

“Saya mengapresiasi kepatuhan warga dalam menjalankan aturan yang ditetapkan pemerintah. Hari ini di Pulo Gebang hanya ada tiga perjalanan bus dengan jumlah penumpang antara 1 hingga 6 orang. Semua yang menggunakan angkutan darat berangkat dengan mengantongi surat dinas dan juga surat kesehatan sesuai peraturan,” ujar Doni.

Dia menegaskan, meski seluruh moda transportasi kembali diizinkan beroperasi oleh Kementerian Perhubungan, mudik tahun ini tetap dilarang. Surat edaran yang dikeluarkan Gugus Tugas mengatur perjalanan orang yang mempunyai tugas dinas atau menghadapi kemalangan karena keluarganya meninggal atau sakit keras. Satu lagi ialah untuk warga negara Indonesia yang hendak pulang ke Tanah Air.

Doni melakukan kunjungan mendadak untuk mengecek langsung kondisi di lapangan karena ada kesan bahwa banyak warga yang melakukan pelanggaran dengan memanfaatkan celah yang ada. “Hari ini di Pulo Gebang saya melihat ternyata masyarakat mempunyai disiplin yang tinggi. Kalau semua seperti ini dan mampu mempertahankannya, kita akan cepat keluar dari ancaman covid-19,” kata Doni.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang kembali beroperasi akan menerapkan physical distancing. Selain jumlahnya dibatasi, penumpang juga diwajibkan menggunakan masker selama perjalanan.

Untuk angkutan udara, meski sudah dibuka kembali sejak 7 Mei, pergerakan di Bandara Soekarno- Hatta tak terlalu signifi kan. Menurut Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, tercatat ada 544 penerbangan dengan 5.958 penumpang. Sebelum pandemi covid-19, Bandara Soekarno-Hatta biasa melayani 2.000 penerbangan per hari.

“Tidak ada lonjakan setelah pengecualian pembatasan atau relaksasi. Itu pun (jumlah pergerakan pesawat) termasuk kedatangan internasional untuk repatriasi WNI,’’ terang Awaluddin.

Di sisi lain, Pemprov Sulawesi Tengah tetap menutup Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu hingga 1 Juni. Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengatakan pihak bandara sebelumnya menyampaikan rencana untuk beroperasi kembali sesuai dengan kebijakan Kemenhub.

Komunitas terkecil

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan, kebijakan relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) itu merupakan manifestasi dari tanggung jawab pemerintah dalam mempertimbangkan kondisi nyata masyarakat yang mengalami kesulitan saat pelaksanaan PSBB. Pemerintah akan memastikan relaksasi kebijakan PSBB tidak disalahgunakan.

Sementara itu, Ketua PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng Mohammad Faqih menyatakan pemerintah harus terus menerapkan PSBB untuk menekan penyebaran covid-19. Agar hasilnya maksimal, pelaksanaan PSBB harus dilakukan berbasis komunitas terkecil.

‘’PSBB harus ditegakkan di tingkat desa maupun dalam lingkup RT/RW. Ini kalau dijalankan, saya lihat sangat efektif. Karena semakin kecil jumlah yang diawasi dan semakin banyak pengawas, akan makin mudah dilakukan,” kata Daeng dalam acara Crosscheck, Dilema Jokowi Ekonomi atau Pandemi di Medcom.id, kemarin. (Ata/Dhk/Che/TB/RF/X-8)

Baca Juga

MI/ADAM DWI

LSI Denny JA Rekomendasikan Cekal Covid-19 ala Bali

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 06:15 WIB
PEMBATASAN sosial berskala besar (PSBB) mulai dilonggarkan di beberapa daerah yang kini menuju tatanan hidup...
MI/MOHAMAD IRFAN

Dua Prajurit Contohkan Amalan Pancasila

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 06:00 WIB
MPR RI memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada dua anggota TNI yang berdedikasi pada masyarakat di tengah pandemi...
MI/Martinus Solo

Kemendagri: Setiap Tahapan Pilkada Disiapkan Protokol Kesehatan

👤Antara 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 05:55 WIB
Keputusan melanjutkan tahapan Pilkada 2020 diambil setelah berkonsultasi dengan seluruh unsur, bukan hanya oleh Kemendagri bersama DPR dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya