Senin 11 Mei 2020, 06:00 WIB

Jihad Melawan Pandemi

Ferdian Ananda Majni | Ramadan
Jihad Melawan Pandemi

MI/ADAM DWI
Wakil Menteri Agama RI KH Zainut Tauhid Sa’adi

PANDEMI covid-19  di Indonesia sudah merenggut 940 jiwa dengan jumlah penderita mencapai 13 ribu. Kondisi yang memprihatinkan tersebut merupakan suatu musibah yang menjadi ancaman bagi manusia.

Dalam siaran virtual Dialog Ramadhan Masjid Nursiah Daud Paloh pada Sabtu (9/5), Wakil Menteri Agama RI KH Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan upaya yang harus dilakukan umat di antaranya melindungi jiwa, perintah saling menjaga sesama. “Sebab itu, tidak keliru ada penyataan bahwa berperang melawan covid-19 seperti jihad dalam sebuah peperangan karena yang kita hadapi ialah sesuatu yang membahayakan jiwa manusia,” kata KH Zainut.

Zainut menegaskan Rasulullah memberikan panduan bagi umatnya untuk tetap tinggal di rumah ketika terjadi wabah. “Beliau menyampaikan ketika Anda mendengar wabah terjadi di suatu daerah, jangan menuju daerah tersebut, tapi jika Anda sudah ada di dalam daerah itu, jangan keluar dari situ. Artinya memang anjuran untuk melakukan jaga jarak atau physical distancing menjadi hal yang utama,” sebutnya.

Dalam pandemi covid-19 yang terjadi saat umat muslim menjalankan ibadah puasa, harapannya, kata Zainut, momen Ramadan ini tidak hanya menumbuhkan kepekaan spritual, tetapi juga mewujudkan kepekaan sosial.

Kepedulian terhadap sesama umat manusia karena Rasulullah juga pernah bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan di dunia dari seorang mukmin maka Allah akan melapangkan darinya satu kesusahan di hari kiamat.”

Atas dalil itu, Zainut mengimbau masyarakat membantu sesama yang terdampak oleh covid sesuai dengan kemampuan masing-masing. “Masalahnya tidak hanya menyangkut penularan penyakitnya, tapi juga ada faktor lain yang juga berdampak, misalnya pengangguran yang semakin meningkat, angka kemiskinan juga meningkat,” terangnya.

Bagaimana kita ikut ambil bagian di dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan? Zainut menjelaskan, dengan meningkatkan rasa empati sebagai wujud kepedulian sosial.

Sementara itu, masyarakat digerakkan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai umat Islam, apalagi di bulan puasa, yakni menunaikan zakat mal maupun zakat fitrah.

“Utamakan zakat, itu bisa dipercepat ya. Misalnya zakat fitrah bisa dilaksanakan di awal Ramadan, kemudian zakat mal meskipun belum sampai haul (satu tahun) bisa juga dipercepat agar dapat membantu saudara-saudara kita yang terdampak covid-19,” tuturnya.

Zainut berharap, Ramadan akan memberikan pelajaran untuk kita agar kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah dan kita menemukan jati diri sehingga kita puasa tidak sekadar menahan hawa nafsu kita, menahan lapar dan dahaga, tapi juga bisa meningkatkan nilai-nilai spiritualitas dan meningkatkan amal ibadah kita,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Dekan FK UIN Syarif Hudayatullah Jakarta dr Hari Hendarto, upaya penghentian pandemi covid-19 ini harus berbasis komunitas. “Diharapkan, kesadaran masyarakat untuk mau mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah,” kata Hari.

Ketua Yayasan Media Group (Dompet Kemanusiaan Media Group) Ali Sadikin menambahkan, pihaknya menjalankan aksi kemanusiaan sebagai bentuk jihad dengan mengetuk kepedulian dan empati masyarakat. “Kita dedikasikan untuk mempersiapkan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis, pejuang kemanusiaan di garda terdepan,” jelas Ali. (H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Lebaran di Rumah, Selamatkan Umat

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 22 Mei 2020, 04:45 WIB
Merayakan Idul Fitri di rumah sesuai dengan prinsip ajaran Islam untuk menjauhi kemudaratan dan membangun kemaslahatan...
MI/Seno

Allah Lebih Dekat daripada Urat Nadi

👤Quraish Shihab 🕔Rabu 20 Mei 2020, 04:15 WIB
‘DAN sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya...
MI/Pius Erlangga

Bermuhasabah di Akhir Ramadan

👤Atikah Ismah Winahyu 🕔Rabu 20 Mei 2020, 03:55 WIB
TIDAK terasa kita telah memasuki akhir bulan Ramadan 1441 H yang penuh...

TAFSIR AL-MISHBAH

Read More

CELOTEH

Read More

JADWAL IMSAKIYAH
Rabu, 03 Jun 2020 / Ramadan 1441 H
Wilayah Jakarta dan Sekitarnya
Imsyak : 04:25 WIB
Subuh : 04:35 WIB
Terbit : 05:51 WIB
Dhuha : 06:19 WIB
Dzuhur : 11:53 WIB
Ashar : 15:14 WIB
Maghrib : 17:47 WIB
Isya : 18:59 WIB

PERNIK

Read More