Senin 11 Mei 2020, 02:40 WIB

Mobil Dinas Wagub Jabar 'Kalah' Sama Mobil Perangkat Desa

Kristiadi | Nusantara
Mobil Dinas Wagub Jabar

MI/BAYU ANGGORO
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum

 

KEJADIAN menggelikan dialami Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat melakukan pemantauan pelaksanaan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Oleh petugas, kendaraan yang ditumpangi Uu dilarang melintas di sebuah jalan yang sudah ditutup selama PSBB. Namun disaat bersamaan petugas membolehkan mobil pelat merah milik aparat desa diizinkan masuk ke jalan tersebut.

Hal itu dialami Uu di di check point sekitar alun-alun Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Oleh petugas Dishub, mobil berpelat merah dengan nomor polisi D 2 tersebut diminta untuk mengambil jalan lain saat ingin melintas di jalan yang telah ditutup.

"Ajudan saya sempat mau memberitahu petugas bahwa yang mau lewat itu adalah kendaraan wakil gubernur. Tapi saya mencegahnya. Lebih baik menuruti petugas yang berjaga dan tentu ini memberikan contoh baik kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi peraturan PSBB," kata Uu, Minggu (10/5).

Namun, setelah mengharuskan kendaraan yang ditumpangi Uu mengambil jalan lain, petugas mengizinkan mobil dinas milik desa berpelat merah masuk ke jalan tersebut dan menerobos pembatas jalan.

"Mobil desa itu merupakan program saya saat masih menjabat Bupati Tasikmalaya, terutama untuk memudahkan mobilitas perangkat desa dalam mengurus rakyatnya. Saya merasa geli dalam hati karena mobil Wagub tidak boleh masuk, tetapi mobil dinas desa bebas menerobos pembatas jalan," ujarnya.

Menurutnya, selama PSBB ada hikmah dari kejadian tersebut. Di satu sisi masyarakat agar harus menuruti para petugas yang sudah berpanas-panasan dan kelelahan mengawal di jalan. Namun, di satu sisi lainnya petugas harus tegas menegakkan aturan yang selama itu dilakukannya.

"Saya meminta agar petugas jangan setengah menegakkan aturan, mana yang boleh lewat dan mana yang tidak. Jangan sampai kejadian yang menimpa saya dengan mobil dinas desa terulang," paparnya. (R-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Sidoarjo akan Gunakan Mal Pelayanan Publik untuk Tempat Isolasi

👤Heri Susetyo 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:57 WIB
"Kita akan gunakan lantai atas MPP untuk tempat isolasi dan perawatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo Syaf...
Ilustrasi

Pelaku Penyerangan Polsek, Diduga Simpatisan ISIS

👤Yona Hukmana 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:55 WIB
Pelaku penyerangan Polsek Daha Selatan, Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (1/6), yang menewaskan satu anggota polisi itu, diduga...
MI/Andri Widiyanto

Disiplin Protokol Kesehatan, Muba Siap Jalani New Normal

👤Dwi Apriani 🕔Senin 01 Juni 2020, 15:39 WIB
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan (Sumsel) menyatakan kesiapannya untuk menjalani new normal. Meski bukan masuk kategori...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya