Minggu 10 Mei 2020, 17:06 WIB

Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Anak Aman Selama Pandemi

Atalya Puspa | Humaniora
Kemenkes Pastikan Stok Vaksin Anak Aman Selama Pandemi

Antara/Rahmad
Siswa SDN1 Lhokseumawe menjalani suntik imunisasi difteri tetanus dari petugas puskesmas.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menjamin stok vaksin untuk imunisasi anak tetap terjaga di tengah pandemi covid-19.

"Stok vaksin rutin secara umum aman. Hanya ada beberapa vaksin baru, seperti IPV, PCV, HPV dan JE masih berproses pengadaannya," kata Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kemenkes, Vensya Sitohang, saat dihubungi, Minggu (10/5).

Baca juga: Meski Pandemi, Imunisasi Harus Jalan Terus

Vensya juga memastikan dengan tetap menjaga stok vaksin bagi anak, imunisasi bisa terus dilakukan selama pandemi. "Pelayanan imunisasi tetap dijalankan dengan memperhatikan prinsip pencegahan penularan covid-19," jelas Vensya.

Lebih lanjut, dia menuturkan banyak daerah yang tetap menjalankan program imunisasi. Adapun, protokol pelaksanaannya diatur dalam Surat Menteri Kesehatan Nomor SR.02.01/Menkes/213/2020 dan Surat Edaran Dirjen P2P Nomor SR.02.06/4/ 1332 /2020.

"Pemerintah mengeluarkan arahan agar semua darana layanaan imuniasi tetap berjalan. Berdasarkan survei sederhana yang kami lakukan, 92% masih menyediakan layanan imunisasi di daerah. Ini sangat meyakinkan untuk berharap bahwa pelayanan imunisasi berjalan saat pandemi covid-19," terangnya.

Baca juga: Gara-Gara Covid-19, 117 Juta Anak tidak Diimunisasi

Terpisah, Sekretaris Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Soedjatmiko, mengungkapkan stok vaksin di lapangan tetap aman. Dirinya menegaskan imunisasi harus dilengkapi sesuai jadwal, meski Indonesia tengah dilanda pandemi.

"Harus dilengkapi sesuai jadwal atau rekomendasi. Kalau banyak bayi balita yang tertunda dan tidak lengkap, sesudah pandemi covid-19 itu bisa KLB yang menyebabkan sakit berat dan cacat pada anak," tandas Soedjatmiko.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Antara

BNPT Kukuhkan Gugus Tugas Pemuka Agama Cegah Radikalisme

👤Antara 🕔Kamis 26 November 2020, 23:26 WIB
Gugus Tugas Pemuka Agama untuk pencegahan paham radikal terorisme merupakan sinergi BNPT bersama Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI)...
MI/Arya Manggala

Haji Lulung: Tidak Bisa Jauh dari Nahdlatul Ulama

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 23:20 WIB
Lulung juga menyatakan bahwa dirinya secara lahir batin selalu siap untuk berkhidmad di...
Dok. Pemprov DKI Jakarta

Covid-19 Indonesia Sumbang 0,85 Persen Kasus di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 23:16 WIB
Data statistik Johns Hopkins University Medicine mencatat Indonesia turut menyumbang 0,85 persen dari kasus positif Covid-19 di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya