Minggu 10 Mei 2020, 15:15 WIB

Desa Contoh Semen Gresik Siap Tampung Perantau Pulang Kampung

Haryanto Mega | Nusantara
Desa Contoh Semen Gresik Siap Tampung Perantau Pulang Kampung

MI/Haryanto Mega
Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto (kiri) menyerahkan bingkisan saat meresmikan desa percontohan siaga covid-19 di Rembang.

 

PT SEMEN Gresik terus bergerak mendukung upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran covid-19 yang telah ditetapkan sebagai bencana nasional nonalam. Salah satu wujudnya berupa Desa Percontohan Siaga Covid-19 di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Rembang, Jawa Tengah, yang diresmikan oleh Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto, Sabtu (9/5).

Pada desa percontohan ini, semua perantau yang pulang kampung akan diisolasi terlebih dahulu di rumah karantina.

"Saya berharap warga Tegaldowo, kades beserta perangkat terus memotivasi perantau yang pulang kampung agar sementara diisolasi di rumah karantina. Saya sangat mengapresiasi semoga makin banyak desa yang peduli dengan penanggulangan pandemi ini," kata Dolly, Sabtu (8/5).

Satgas BUMN Tanggap Bencana Nasional Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Rembang yang dikoordinatori PT Semen Gresik menyediakan berbagai fasilitas di rumah karantina tersebut. Mulai dari kamar disinfektan, APD lengkap, puluhan kasur busa, bantal, selimut, televisi, kipas angin, masker dan lainnya.

Kepala Unit Komunikasi dan Bina Lingkungan PT Semen Gresik Syaicul Amin mengatakan selain Desa Tegaldowo, jajarannya sudah dan terus melakukan upaya pencegahan covid-19 di desa-desa lain sekitar perusahaan, baik yang ada di wilayah Rembang maupun Blora.

Salah satu bentuknya berupa realokasi anggaran progam Forum Masyarakat Madani (FMM) yang dikucurkan Semen Gresik untuk desa sekitar perusahaan. Realokasi sebesar 30 % anggaran FMM itu dimaksimalkan untuk pencegahan Covid-19. Bentuknya bisa berupa pendirian rumah karantina Covid-19 atau lainnya.

"Tahun 2020, anggaran FMM untuk masing-masing desa sekitar Semen Gresik sebesar Rp250 juta (kecuali Desa Tegaldowo besarnya Rp500 juta). Dari jumlah itu, 30% boleh digunakan untuk operasional penanggulangan covid-19," jelas Syaicul Amin.

Pada kesempatan sama, Kepala Desa Tegaldowo Kundari mengucapkan terima kasih atas kontribusi Semen Gresik dalam penanganan Covid-19 di desanya. Menurutnya berbagai bantuan itu sangat membantu warga agar lebih siap menghadapi Covid-19.

"Kegiatan yang dilakukan banyak sekali, termasuk pemberian multivitamin untuk guru-guru TPQ. Terima kasih kami sangat mengapresiasi sekali," tandas Kundari. (X-12)

 

Baca Juga

Dok MI

Waspada Tinggi Gelombang di Jateng dan DIY Capai 6 Meter

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 25 Mei 2020, 16:05 WIB
CUACA buruk melanda Samudra Hindia di sebelah selatan Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  Ketinggian gelombang...
MI/Solmi

Sokong Paramedis Gubernur Jambi Bagikan Bingkisan Lebaran

👤Solmi 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:55 WIB
MENYEMANGATI paramedis yang bertugas saat Idul Fitri 1441 Hijriah di RSUD Raden Mattaher, Gubernur Jambi Fachrori Umar datang menyambangi...
MI/Gabriel Langga

8 Remaja Dihukum Angkat Satu Kaki Usai Tertangkap Pesta Miras

👤Gabriel Langga 🕔Senin 25 Mei 2020, 15:16 WIB
Ada delapan remaja yang berhasil diamankan. Mereka yang tertangkap miras itu langsung dihukum angkat satu kaki oleh aparat keamanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya