Minggu 10 Mei 2020, 06:25 WIB

Ignasius Rusdy Rukmarata Pementasan Virtual

(Bus/M-1) | Weekend
Ignasius  Rusdy  Rukmarata Pementasan Virtual

MI/SUMARYANTO BRONTO

TERINSPIRASI dari tradisi pergelaran tari di masa lampau yang erat kaitannya dengan budaya gotong royong hingga sistem pendanaan mandiri (saweran), sebuah ide liar muncul di benak Rusdy Rukmantara, direktur artistik dari EKI Dance Company. Ide itu ialah menggelar saweran pertunjukan seni daring untuk penanggulangan covid-19.

Tidak hanya demi penanggulangan dampak wabah, tetapi juga Rusdy mengungkapkan jika saweran daring dapat mengembalikan semangat tradisi hubungan penonton dan seni pertunjukan tari. Pria yang juga anggota Komite Tari di Dewan Kesenian Jakarta ini mengungkapkan jika tari yang dipentaskan bisa beragam genre, baik tradisional maupun kontemporer. "Saweran Online ini tujuannya

adalah memberikan panggung bagi seniman tari untuk bisa berkarya, untuk bisa mengajar, dan memberikan panggung juga bagi penonton untuk bisa menikmati dan juga kasih kesempatan untuk mereka memberikan apresiasi dengan saweran.

Sampai detik ini yang tergabung sudah sekitar 60 seniman tari," jelas seniman berusia 58 tahun itu. Untuk dapat menikmati pertunjukan tari online itu, penonton harus mengakses akun Youtube Indonesia Dance Network (IDN), yang merupakan platform jejaring digital yang diperuntukan bagi seniman tari Indonesia inisiasi Komite Tari Dewan Kesenian Jakarta (DKJ). Pada caption video, nantinya tampil link untuk penyampaian donasi melalui beberapa aplikasi dompet digital.

Sebanyak 20% dari donasi itu akan disalurkan untuk penanganan wabah covid-19 melalui Benih Baik, lalu 5% untuk biaya administrasi, sementara sisanya didistribusikan kepada seniman yang tampil. Kegiatan penggalangan dana itu direncanakan akan dilangsungkan selama 6 bulan. (Bus/M-1)

Baca Juga

Dok. Samsung Indonesia

Samsung Galaxy A21s Meluncur, Ini Spesifikasinya

👤Fathurrozak 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:30 WIB
Ponsel pintar untuk entry level ini dipasarkan mulai harga Rp2,7...
TOM BJÖRKLUND

DNA Kuno Ungkap Asal Muasal Penduduk Karibia

👤Abdillah Marzuqi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:51 WIB
Misteri perihal manusia-manusia pertama di Karibia dikaitkan dengan beragamnya kultur di wilayah...
Unsplash/ Tiffany Chan

Manfaatkan Bunga Segar untuk Merawat Kulit Mandiri

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 05 Juni 2020, 19:30 WIB
Jika memiliki kembang sepatu atau mawar di halaman, Anda bisa gunakan untuk bahan masker...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya