Minggu 10 Mei 2020, 02:45 WIB

DMPTSP DKI tetap Buka Pelayanan saat Pandemi

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
DMPTSP DKI tetap Buka Pelayanan saat Pandemi

ANTARA/Dhemas Reviyanto
Pemohon meletakkan berkas ke dalam drop box yang disediakan di Mal Pelayanan Publik (MPP), Jakarta, Rabu (1/4/).

 

DINAS Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMPTSP) DKI Jakarta menjamin pelayanan izin tetap berjalan normal meski saat ini diberlakukan aturan Tanggap Darurat Covid-19 hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk mengabarkan pelayanan publik yang tetap berjalan di masa PSBB, DPMPTSP menggencarkan kampanye publik #BisaDariRumah. Hasilnya, tercatat sebanyak 57.836 pemohon yang mengajukan perizinan dan non perizinan secara daring selama kurun lima pekan masa Tanggap Darurat Covid-19 yang dimulai sejak 16 Maret lalu.

“Berdasarkan data DPMPTSP DKI Jakarta periode 19 Maret sampai 6 Mei 2020, tercatat 57.836 permohonan perizinan dan non perizinan berhasil diajukan," kata Kepala DPMPTSP DKI Jakarta Benni Aguscandra, Sabtu (9/5).

Dari jumlah permohonan tersebut sebanyak 37.851 izin/non izin diterbitkan, 12.125 permohonan ditolak dan 7.860 permohonan masih dalam proses. Sebagian besar permohonan ditolak dikarenakan persyaratan perizinan/non perizinan yang belum dan/atau kurang dilengkapi oleh pemohon.

Untuk itu DPMPTSP DKI Jakarta mengimbau bagi pemohon perizinan/non perizinan terlebih dahulu mempelajari persyaratan, mekanisme pelayanan, dasar hukum, definisi dan biaya retribusi sebelum mengajukan permohonan.

Permohonan perizinan/non perizinan yang masih dalam proses, pada umumnya dikarenakan penelitian administrasi dan penelitian teknis permohonan tersebut bersifat kompleks sehingga memerlukan waktu sesuai dengan peraturan perundangan yang telah ditetapkan. Selain itu, sebagian permohonan masih dalam proses juga dikarenakan pemrosesannya memerlukan peninjauan lapangan atau survei sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

“Kami sudah merampungkan mekanisme pelaksanaan peninjauan lapangan dengan mengacu pada protokol pemerintah terkait pencegahan penyebaran covid-19, Inshaallah Bulan Mei ini sudah bisa dilaksanakan oleh seluruh petugas teknis DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta," kata Benni. (R-1)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengurusan SIKM Jakarta Dikeluhkan Masyarakat

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:30 WIB
KEPALA Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra tidak menampik banyaknya...
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.

Pengusaha Mal Berjanji Terapkan Jaga Jarak Fisik

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:15 WIB
KETUA Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengungkapkan pengelola pusat belanja dan retailer telah...
Putri Yuliani

Ibu Kota belum Siap Hadapi Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:05 WIB
SEMANGAT normal baru (new normal) yang demikian kuat berembus semakin menekan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar ikut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya