Sabtu 09 Mei 2020, 22:45 WIB

Razia di Lintas Sumatra, Sopir Truk masih Banyak tidak Bermasker

Yoseph Pencawan | Nusantara
Razia di Lintas Sumatra, Sopir Truk masih Banyak tidak Bermasker

Antara
Petugas menghentikan warga yang tidak menggunakan masker di Medan, Sumatra Utara, Selasa (5/5).

 

PEMERIKSAAN penggunaan masker kian digencarkan Pemerintah Kota Medan, Sumatra Utara. Selain menyasar warga di kawasan permukiman dan perniagaan, tim gabungan juga merazia sopir truk lintas Sumatra yang melintasi daerahnya.

Dalam kegiatan razia tersebut petugas menemukan hampir seluruh sopir yang melintasi Kota Medan tidak mengenakan masker.

"Banyak pengemudi truk dari luar kota yang kedapatan tidak memakai masker," kata Kabag Tata Pemerintahan Setdako Medan Ridho Nasution, seusai memimpin pelaksanaan razia, Sabtu (9/5).

Baca juga: Rapid Test Korona, 57 Karyawan Indogrosir Sleman Reaktif

Dia menjelaskan, kegiatan razia masker ini merupakan salah satu upaya menegakkan Peraturan Wali Kota Medan Nomor 11/2020  tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan covid-19 di Kota Medan.

Yang mana salah satu isinya mengatur tentang kewajiban mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Pengusaha di NTT Diduga Terima Bantuan Sosial Tunai

Itu sebabnya pemkot tidak hanya menertibkan masyarakat pejalan kaki, bersepeda, mengendarai sepeda motor atau mobil, di kawasan permukiman dan perniagaan saja. Penertiban juga juga dilakukan terhadap para sopir truk lintas, dan truk tangki.

Razia tersebut dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari unsur Satpol PP, Dinas Perhubungan, Kodim 0201/BS, Denpom 1/5 dan  Polrestabes Medan. Adapun lokasi razia kali ini mengambil tempat di jalan lintas Sumatra yang melalui Kecamatan Medan Sunggal.

Namun, lanjut Ridho, dalam kegiatan ini petugas belum menahan KTP para sopir yang terjaring razia atau tidak mengenakan masker.

"Sebetulnya kita ingin menahan KTP para pengemudi truk sesuai sanksi dalam Perwal No.11/2020. Namun kita khawatir penahanan KTP akan menyebabkan proses pengiriman barang yang mereka lakukan akan terganggu. Apalagi sebagian besar truk tersebut mengangkut buah dan sayuran," jelas Ridho.

Kepada mereka yang terjaring razia, petugas hanya memberikan masker dan mengingatkan saat ini pemakaian masker sedang menjadi kewajiban di Kota Medan ketika berada di luar rumah.

Meski kali ini mereka dilepaskan begitu saja, tetapi jika kedapatan lagi Ridho memastikan petugas akan menahan KTP yang bersangkutan.(X-15)

 

 

 

 

Baca Juga

AFP/Olivier DOULIERY

Prajurit TNI dan Keluarga Harus Bijak Bermedia Sosial

👤Apul Iskandar 🕔Kamis 28 Mei 2020, 09:06 WIB
Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf R. Wahyu Sugiarto saat memberikan arahan kepada Prajurit, PNS dan Anggota Persit serta keluarga...
ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN

Temanggung Akan Kucurkan Bantuan Rp4,9 Miliar Untuk 6000 UMKM

👤Tosiani 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:54 WIB
Bantuan  anggaran dari Pemkab Temanggung hanya akan diberikan pada pelaku usaha kecil dan usaha mikro yang usahanya goyah akibat...
MI/Lilik Darmawan

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah di Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 08:36 WIB
BPBD Kabupaten Pangandaran melaporkan ratusan rumah di Deda Majingklak Kecamatan Kalipucang terendam banjir rob dengan ketinggian 30-40...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya