Sabtu 09 Mei 2020, 21:20 WIB

IBL Ditargetkan Lanjut September

Akmal Fauzi | Olahraga
IBL Ditargetkan Lanjut September

Antara
IBL

INDONESIAN Basketball League (IBL) menargetkan kompetisi musim ini bisa dilanjutkan pada September 2020 jika pandemi covid-19 berakhir. IBL telah melakukan komunikasi dengan klub peserta ihwal kelanjutan kompetisi.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah mengatakan, pihaknya akan melihat perkembangan hingga akhir Juni sebelum memutuskan kelanjutan kompetisi.

“Kita lihat perkembangan sampai akhir Juni. Pak Menpora (Zainudin Amali) kan bilang bisa dijalankan saat ada rekomendasi tim Gugus Tugas. September kami rencana lanjutkan musimnya karena kan butuh persiapan,” kata Junas saat dihubungi, Sabtu (9/5).

Junas menambahkan, jika pada Juni nanti kasus covid-19 berangsur turun, IBL akan meninjau kembali beberapa langkah yang akan disiapkan untuk melanjutkan kompetisi, salah satunya dengan mengatur protokol kesehatan ke pemain.

“Kalau pun turun kan gak langsung, angkanya masih bisa fluktuatif. Jadi akan kami persiapkan protokol kesehatannya sambil menunggu rekomendasi pemerintah,” jelasnya.

Salah satu yang disoroti, kata dia, soal pemain asing yang berlaga di IBL. Junas mengatakan, 90% pemain asing berasal dari Amerika Serikat, salah satu negara dengan jumlah kasus covid-19 paling banyak di dunia.

“Beberapa minggu lalu kami sudah kontak agen pemain asing, kami tetap monitor. Jika nanti dilanjutkan, mereka harus dapat izin dari negara asal (bebas covid-19), lalu dilakukan karantina,” jelasnya.

Jika sudah mendapat lampu hijau untuk dilanjutkan, kompetisi nantinya akan dilanjutkan langsung ke babak playoff agar tidak mengganggu persiapan menuju IBL 2021.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali mengatakan, seluruh kompetisi seperti Sepak Bola, Basket dan Voli dihentikan sejak Maret lalu. Zainudin menegaskan, rekomendasi Gugus Tugas Covid-19 terkait kondisi pandemi yang terjadi di Indonesia akan menjadi pegangan untuk menentukan nasib kompetisi.

Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) telah menghentikan kompetisi kasta tertinggi bola voli nasional Proliga Musim 2020.

Padahal, kompetisi hanya menyisakan babak Final Four dan Grand Final. Dari keputusan itu, tidak ada tim yang diputuskan sebagai juara.

Sementara itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) masih belum bisa memutuskan soal kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

PSSI masih harus menunggu keputusan pemerintah untuk menentukan nasib kompetisi di Indonesia. Hal itu dinyatakan PSSI dalam surat bernomor 1098/UDN/135/V-2020 tanggal 5 Mei 2020. (OL-8)

 

Baca Juga

AFP

Connor McGregor Terima Tantangan Anderson Silva

👤Widhoroso 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 07:15 WIB
Dalam dua panampilan terakhirnya di UFC, Silva menelan kekalahan yaitu dari Jared Cannonier dan Israel...
AFP

Federer Gantikan Messi sebagai Atlet Dengan Pendapatan Terbesar

👤Antara 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 04:50 WIB
Federer, pemenang 20 gelar grand slam itu dilaporkan memperoleh US$106,3 juta dalam 12 bulan terakhir, termasuk di antaranya US$100 juta...
AFP

Efek Korona, Federer Atlet Terkaya 2020

👤Ant 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 02:31 WIB
"Pandemi virus korona memicu pemotongan gaji bagi bintang sepak bola Messi dan Ronaldo, membuka jalan bagi pemain tenis naik peringkat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya