Sabtu 09 Mei 2020, 17:07 WIB

Kasus Positif Masih Tinggi, Yurianto: Gambaran Ketidakdisiplinan

Andhika prasetyo | Humaniora
Kasus Positif Masih Tinggi, Yurianto: Gambaran Ketidakdisiplinan

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto

 

PEMERINTAH mencatat, dalam sehari terakhir, terdapat 113 pasien yang dipastikan sembuh dari covid-19 dan lepas perawatan rumah sakit.

Dengan tambahan tersebut, per 9 Mei 2020, jumlah kasus yang dinyatakan pulih mencapai 2.607 orang. Di sisi lain, kasus positif masih terus bertambah. Dalam 24 jam terakhir ditemukan 533 kasus baru sehingga total pasien yang terjangkit menjadi 13.645 orang. Adapun, angka kematian tercatat sebesar 959 kasus.

Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan masih tingginya penambahan kasus positif menggambarkan betapa tidak disiplinnya masyarakat dalam menjalankan arahan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah, terus menjaga jarak dan menjalankan pola hidup sehat.

Baca juga: Behave like Adults

"Gambaran disiplin tinggal dirumah akan terlihat dari jumlah kasus yang kita catat setiap hari. Kalau angkanya masih terus bertambah, berarti instruksi pemerintah tidak dijalankan," ucap Yurianto.

Ia mengatakan, untuk saat ini, berada di luar rumah adalah hal yang tidak bijaksana. Pasalnya, seseorang bisa saja terinfeksi virus korona melalui transmisi lokal.

"Banyak orang di luar sana yang sakit tanpa gejala. Kita tidak bisa bedakan dan itu bisa saja menjadi sumber penularan," tuturnya.(OL-4)

Baca Juga

Ilustrasi

New Normal, Perlu Perhatian Khusus untuk Perempuan

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:59 WIB
Komnas Perempuan mendorong integrasi berperspektif Hak Asasi Manusia (HAM) yang inklusif dan interseksional, dengan perhatian khusus...
Dok Universitas Indonesia.

Hadapi New Normal, UI Menjadi Mitra Kemenhub

👤Retno Hemawati 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:29 WIB
Ada kecenderungan perubahan kebijakan publik yang dilakukan pemerintah dari kebijakan yang berfokus pada pencegahan dan penularan...
Antara/Yulius Satria Wijaya

Insentif bagi Tenaga Medis Baru Cair Rp10 M

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 03 Juni 2020, 19:21 WIB
Sri Mulyani menyebut eksekusi ada di Kementerian Kesehatan yang hingga kini masih melakukan verifikasi atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya