Sabtu 09 Mei 2020, 14:46 WIB

Pelanggar Mudik Jabodetabek Capai 15 Ribu Lebih

Tri Subarkah | Megapolitan
Pelanggar Mudik Jabodetabek Capai 15 Ribu Lebih

ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Petugas Kepolisian mengecek identitas mobil pribadi yang melintas di tol cikampek

 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sudah ada 15 ribu lebih kendaraan yang ditindak terkait larangan mudik Lebaran 2020. Belasan ribu kendaraan tersebut diminta untuk berbalik arah saat hendak keluar Jabodetabek.

"Sampai saat ini sudah ada 15.044 kendaraan yang diminta putar balik oleh petugas," kata Dirlantas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/5).

Angka tersebut merupakan akumulasi pelanggar yang tercatat sejak pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2020 pada Jumat (24/4) hingga Jumat (8/5) kemarin.

Berdasarkan data Ditlantas PMJ, pelanggaran didominasi terjadi di jalur arteri dengan total 6.301 kendaraan.

Sementara itu, di Gerbang Tol Cikarang Barat total jumlah pelanggar yang ditindak sebesar 5.020 kendaraan, sedangkan di Gerbang Tol Bitung yang mengarah ke Merak mencapai 3.723.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2020 dilakukan dengan mendirikan 18 pos pemantauan terpadu. Dua pos diletakan di Cikarang Barat dan Bitung, sedangkan sisanya tersebar di jalur arteri perbatasan.

Pihak kepolisian melakukan penyekatakan jalan dan memeriksa kendaraan. Bagi kendaraan yang kedapatan akan meninggalkan wilayah Jabodetabek untuk mudik, petugas di lapangan akan meminta mereka untuk memutarbalikkan kendaraannya ke rumah masing-masing.

Ditlantas PMJ sendiri beberapa kali menemukan penyelundup mudik yang dilakukan oleh travel maupun bus.

Sebelumnya, Sambodo menegaskan dirinya akan menindak tegas anggota di lapangan apabila kedapatan menerima sogokan dari pemudik di pos penjagaan.

“Kalau masyarakat bisa menyampaikan buktinya, videonya pasti kita akan tindak tegaslah, kita tidak main-main masalah mudik,” tandas Sambodo. (OL-4)

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya