Sabtu 09 Mei 2020, 10:03 WIB

Trump Telepon PM Malaysia Bahas Kerja Sama Kedua Negara

Antara | Internasional
Trump Telepon PM Malaysia Bahas Kerja Sama Kedua Negara

AFP/Mohd RASFAN
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Jumat (8/5) malam, menelepon Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin untuk membahas komitmen kerja sama antara kedua negara.

"Malam ini, saya menerima panggilan telepon dari Tuan Donald J Trump, Presiden Amerika Serikat," ujar Muhyiddin melalui laman Facebook yang diakses di Kuala Lumpur, Sabtu (9/5).

Trump mengucapkan selamat kepada Muhyiddin dan pemerintah Malaysia yang baru serta menyatakan komitmen untuk terus mengukuhkan hubungan kerja sama komprehensif antara Malaysia dan AS.

Baca juga: AS Tuding Tiongkok dan Rusia Bekerja Sama Sebar Konspirasi Korona

"Pada percakapan yang berlangsung selama 30 menit itu, saya dan Presiden Trump berbincang mengenai pandemi covid-19, serta pendekatan-pendekatan yang telah diambil kedua negara. Kami turut menekankan pentingnya kerja sama komunitas internasional untuk mengurangi dampak pandemi tersebut atas kesejahteraan hidup masyarakat dunia dan ekonomi global. Usaha-usaha tersebut termasuk meningkatkan kerja sama dalam pembangunan vaksin dan obat-obatan serta akses sama rata kepada vaksin covid-19 nanti," katanya.

Pada saat yang sama, ujar dia, kedua negara juga membuat kesepakatan untuk memastikan kelancaran rantai pasokan peralatan penting dan persediaan lainnya terutama saat krisis kesehatan global.

"Selain itu, kami turut bertukar pandangan mengenai isu-isu kepentingan bersama dalam konteks menjaga keselamatan dan keamanan internasional," katanya. (OL-1)

Baca Juga

AFP/NICOLAS ASFOURI)

AS dan Negara Sekutu Kecam UU Keamanan Hong Kong

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 10:40 WIB
Langkah Tiongkok untuk memberlakukan undang-undang baru selama pandemi global, kata negara-negara itu, berisiko merusak kepercayaan pada...
AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

AS Sepakati Penjualan 84 Rudal Patriot ke Kuwait

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 29 Mei 2020, 10:15 WIB
Kontrak penjualan itu mencakup misil dan perlengkapannya, pelatihan dan bantan teknis, serta perbaikan persenjataan...
AFP/GABRIEL BOUYS

Spanyol akan Buka Sektor Pariwisata Secara Bertahap

👤Nur Aivanni 🕔Jumat 29 Mei 2020, 09:45 WIB
Biasanya, Spanyol menyambut lebih dari 80 juta pengunjung setiap tahun. Itu membuat Spanyol menjadi salah satu negara yang paling banyak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya