Sabtu 09 Mei 2020, 11:45 WIB

Tok, Aturan Pergantian Lima Pemain Disetujui

Patrick Pinaria | Sepak Bola
Tok, Aturan Pergantian Lima Pemain Disetujui

AFP/Paul ELLIS
Roberto Firmino (kiri) masuk menggantikan Roberto Origi dalam laga laga Liga Primer Inggris.

 

ATURAN lima pergantian pemain dalam satu pertandingan sudah bisa diterapkan di kompetisi-kompetisi sepak bola seluruh dunia. IFAB (International Football Association Board) selaku badan aturan sepak bola dunia sudah menyetujui aturan yang diusulan Federasi Sepak bola Dunia (FIFA) tersebut.

FIFA mengusulkan aturan lima pergantian pemain pada akhir April. Mereka membuat usulan itu guna melindungi pemain dari cedera ketika kompetisi musim ini dilanjutkan. Mengingat, tim-tim bakal menghadapi jadwal ekstra padat di kompetisi pada sisa musim ini akibat pandemi korona.

Usulan FIFA soal aturan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan itu pun disetujui IFAB. Namun, aturan lima pergantian tersebut hanya diberlakukan hingga 31 Desember 2020. Selain itu, setiap tim hanya diberi kesempatan melakukan tiga kali jeda untuk melakukan pergantian pemain.

Baca juga: Calon Bos Newcastle ingin Gaet Kalidou Koulibaly

Hanya saja, FIFA dan IFAB tidak akan memaksakan aturan tersebut digunakan di setiap kompetisi. Keputusan akan diserahkan kepada pihak operator kompetisi masing-masing.

"Amendemen sementara ini mulai berlaku dan dibuat karena kompetisi dapat dimainkan dalam periode singkat dengan kondisi cuaca yang berbeda, yang keduanya dapat berdampak pada kesejahteraan pemain," demikian pernyataan IFAB.

Sejauh ini, aturan lima pergantian pemain per pertandingan mendapat dukungan dari RFEF. Melalui pernyataan resmi mereka memastikan Presiden RFEF Luis Rubiales mengusulkan aturan tersebut kepada Presiden La Liga Javier Tebas. (Goal/OL-1)

Baca Juga

AFP/Miguel Medina

Sempat Ditawar Barcelona, Brescia Pertahankan The Next Pirlo

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 16:23 WIB
Sebelum pandemi covid-19, Cellino mengatakan Barcelona menawarkan dua pemain plus uang tunai sebesar 65 juta euro untuk mendapatkan...
AFP/ALBERTO PIZZOLI

​​​​​​​Presiden FIGC Ingin Penonton Hadir di Stadion

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 12:07 WIB
Serie A musim ini akan dilanjutkan pada 20 Juni dengan laga pembuka antara Torino melawan Parma. Ini adalah satu dari empat laga pekan...
AFP/BERND THISSEN

DFB Investigasi Selebrasi Sancho Terkait Protes Kematian Floyd

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 02 Juni 2020, 11:18 WIB
Federasi sepak bola Jerman atau DFP mengaku harus menginvestigasi aksi tiga pemain Bundesliga yang berisi protes atas kematian warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya