Sabtu 09 Mei 2020, 07:00 WIB

Catatan Singkat Perjalanan Mercedes-Benz GL-Class

Nurtjahyadi | Otomotif
Catatan Singkat Perjalanan Mercedes-Benz GL-Class

Dok Mercedes-Benz
GL Second Generation X166

 

MENJELANG peluncuran model GLS terbaru, Mercedes-Benz merilis sejarah perjalanan singkat dari salah satu produk Sport Utility Vehicle (SUV) premium mereka itu.

GLS merupakan kelanjutan dari model GL yang debut perdana di North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit pada Januari 2006 dalam sosok GL-Class.

Kehadiran model GL menetapkan sebuah standar baru dalam kemewahan, kenyamanan, dinamika, dan keselamatan sebuah SUV. Kendaraan itu mampu menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam berbagai kondisi jalan dan lingkungan.

Baca juga: Hanya Ada 24 Unit Mini Countryman di Indonesia

Melintasi jalan yang beragam hingga jalan-jalan pelosok berkarakter off-road, kendaraan itu tetap nyaman dengan kabin lapang yang mampu menampung tujuh orang. Hal itu didukung kualitas NVH-nya (noise, vibration, harshness) yang mengesankan dan setara dengan S-Class.

GL-Class generasi pertama memiliki panjang 5.088 mm, lebar 1.920 mm, dan tinggi 1.840 mm menghasilkan bentuk proporsional. Alhasil terciptalah kabin lapang untuk penumpang menikmati kebebasan bergerak bahkan pada dua kursi full-sized di baris ketiga.

Didukung sistem penggerak empat roda permanen 4MATIC dari Mercedes-Benz plus suspensi udara AIRMATIC, speed-sensitive power steering dan Adaptive Damper System (ADS) menjadikan kemampuan jelajah dan handlingnya semakin mengesankan. Model ini juga mencatatkan sejarah sistem keselamatan PRE-SAFE® yang pertama di segmen ini.

Pilihan jantung pacunya untuk generasi pertama terdiri dari mesin V6 (GL 320 CDI-224 hp) dan V8 (GL 420 CDI-306 hp, GL 450-340 hp dan GL 500-388 hp)
 
GL-Class generasi kedua

Mercedes-Benz GL-Class generasi kedua diperkenalkan pada 2013. Bobotnya lebih ringan 90 kg dibendngkan generasi pertama berkat penggunaan material ringan yang ektensif, termasuk penggunaan aluminium yang ringan pada kap mesin dan spakbor.

Komponen suspensi juga menggunakan bahan light alloy. Bobot komponen yang ringan mengurangi kebutuhan energi, dan di sisi lain dapat juga memberikan kenyamanan dalam berkendara karena unsprung mass yang lebih rendah.

Pengurangan berat lainnya berada di kaca depan akustik baru, magnesium cross beam pada dashboard, sistem BlueTEC dengan teknologi SCR atau komponen seperti electric power steering baru, rem parkir listrik, dan engine support plastik.
 
GL generasi kedua memiliki interior lebih mewah berkat penerapan material mewah dan berkualitas dengan detail yang tinggi. Pelapis kulit buatan ARTICO atau kulit Nappa dilengkapi dengan jahitan dekoratif dengan warna kontras. Elemen trim yang menggunakan berbagai jenis kayu atau aluminium, tombol-tombol menggunakan krom perak.

Dibandingkan sebelumnya, penumpang juga memiliki lebih banyak ruang di bagian siku, bahu, serta bagian kepala. Jok di baris ketiga juga dapat dilipat secara otomatis. Inovasi lainnya adalah sistem EASY-ENTRY untuk mengakses kursi baris ketiga dari kedua sisi kendaraan, dengan kontrol listrik opsional.
 
Pilihan mesinnya ada diesel BlueTEC GL 350 BlueTEC 4MATIC dan GL 500 4MATIC bensin BlueEFFICIENCY 435 dk dengan supercharged direct injection BlueDIRECT yang memberikan efisensi dan performa yang luar biasa.

Konsumsi bahan bakar GL 350 BlueTEC 4MATIC mencapai 7,4 liter solar per seratus kilometer atau 20% lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya.

Penggemar performa tinggi, tersedia versi AMG untuk pertama kalinya lewat sosok GL 63 AMG bermesin AMG 5.5 liter V8 Biturbo bertenaga 557 dan torsi maksimum 760 Nm. Untuk berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam cum BUTUH 4,9 detik!

Model ini bertransformasi menjadi model GLS pada 2015 (facelift) yang menegaskan bahwa ini adalah model 'S-Class'nya GL di kategori SUV mewah.

Sentuhan kuat terasa di bagian interior berupa panel instrumen dengan Media Display yang telah semi-terintegrasi, konsol tengah yang dimodifikasi dengan system touchpad serta warna dan trim yang baru.
 
Sementara di bagian eksterior hadir gril radiator baru yang lebih vertikal dan lebih luas serta bumper dengan perlindungan underbody berwarna krom menghilangkan garis-garis horizontal yang menonjol pada generasi sebelumnya.

Pada gril radiator baru, transisi logo bintang-sudut-tiga terlihat sangat mulus menuju ke kedua louvres horizontal. Detail ini adalah ciri khas semua model SUV dari Mercedes-Benz.

Penataan lampu depan modern meminjam dari series GLE, GLE Coupé, dan GLC SUV yang diperkenalkan pada tahun yang sama. Kap mesinnya memiliki dua power domes dan menyoroti penampilan GLS yang kuat.
 
Sejumlah fitur keselamatan aktif dan pasif meringankan beban pengemudi dan melindungi penumpang GLS. Sistem bantuan pengemudi yang dipasang sebagai standar termasuk COLLISION PREVENTION ASSIST PLUS, Crosswind Assist dan ATTENTION ASSIST.

Fitur baru lainnya berupa sistem traksi all-wheel drive elektronik 4ETS, ESP® dengan Curve Dynamic Assist, cruise control dengan pembatas kecepatan variabel SPEEDTRONIC dan fungsi bantuan kemudi STEER CONTROL.
 
Lalu apa yang baru pada New GLS? Yang pasti semua mesin GLS baru mempunyai kinerja yang lebih baik dan lebih efisien. Sebagai contoh GLS 500 4MATIC menggunakan mesin direct-injection V8 biturbo baru menghasilkan 455 hp dari sebelumnya 435 hp, dan torsi puncak sebesar 700 Nm.

GLS 400 4MATIC menggunakan mesin direct-injection V6 biturbo menghasilkan 333 hp dan torsi 480 Nm. Sedangkan model top-of-the-line Mercedes-AMG GLS 63 4MATIC bertenaga 585 hp dan torsi puncak 760 Nm.

Nantikan peluncuran Mercedes-Benz New GLS yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (RO/OL-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Siapkan Mobil Anda untuk New Normal

👤Nurtjahyadi 🕔Senin 01 Juni 2020, 17:32 WIB
Sebelum mesin dinyalakan, pastikan ketinggian oli mesin berada di antara high dan low. Perhatikan juga kondisi oli mesin dan ganti sesuai...
MI/HImanda Amrullah

Kebutuhan Ekspor, Pabrik Suzuki Indonesia Kembali Buka

👤Nurtjahyadi 🕔Jumat 29 Mei 2020, 21:42 WIB
Untuk memenuhi kebutuhan ekspor karena pasar internasional yang mulai pulih dari dampak pandemi covid-19. Suzuki Indonesia secara bertahap...
Antara/Yonhap

Korsel Jadi Tujuan Peluncuran BMW Seri 5 dan 6

👤Antara 🕔Kamis 28 Mei 2020, 19:57 WIB
Pasar Korea sangat penting bagi BMW karena negara itu menduduki puncak dari semua negara lain dalam hal penjualan model BMW Seri 5 di Korea...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya