Sabtu 09 Mei 2020, 04:20 WIB

Waspadai Transmisi Lokal, Babel Gencarkan Tracking dan Rapid Test

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Waspadai Transmisi Lokal, Babel Gencarkan Tracking dan Rapid Test

ANTARA
Ilustrasi

 

KETUA Sekretariat Pusdalops Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa mengatakan hingga kini sudah ada tiga kasus transmisi lokal di Babel. Untuk mengantisipasi agar Covid-19 tidak makin menyebar, pihaknya terus melakukan upaya tracking an rapid test jika ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Ada yang positif, kita langsung bergerak melakukan tracking untuk mencari tahu pasien kontak erat dengan siapa saja selain keluarga," kata Mikron, Jumat (8/5).

Setelah ditracking, selanjutnya, tim medis akan melakukan rapid test terhadap orang-orang yang kontak langsung termasuk pihak keluarga. Dengan gerak cepat seperti ini, jelas Mikron, akan bisa lebih cepat untuk memutuskan penyebarannya.

"Setelah itu, baru masyarakat selalu kita ingatkan menggunakan masker, jaga jarak dan prokol kesehatan lainya," ungkap dia.

Mikron menambahkan, tiga kasus transmisi lokal Covid-19 di Babel terjadi di Pulau Belitung sebanyak dua kasus dan satu kasus lainnya di Pulau Bangka. "Tiga kasus transmisi lokasi kita ini ada kesamaan, sama sama tertular dari pimpinanan mereka. Seperti Bangka ini tertular dari bos peternakan ayamnya. Sedangkan Belitung dari atasan di kantornya," tutur Mikron.

Ia menambahkan, hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 di Provinsi Bangka Belitung (Babel) 28 orang dan kebanyaknya di dominasi oleh Orang Tanpa Gejala (OTG). "28 kasus positif di kita, dominasi untuk kategori OTG, sedangkan klusternya adalah ABK tanker Pertamina 15 orang,"ucap Mikron. (R-1)

Baca Juga

DOK MI

Nakhoda dan 15 ABK KM Inkamini Ditemukan Selamat

👤M Taufan SP Bustan 🕔Kamis 04 Juni 2020, 03:10 WIB
KM Inkamini tenggelam pada Selasa, 2 Juni 2020 sekitar pukul 13.30 WITA. Sebelum kapal tenggelam, seluruh ABK menyelamatkan diri dengan...
ANTARA

Penyaluran Bansos di Jabar Ditarget Selesa1 8 Juni

👤Bayu Anggoro 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:55 WIB
Memang ada keterlambatan dalam penyaluran bantuan tersebut karena terkendala pendataan yang belum...
DOK MI

Tingkat Kesembuhan Covid di DIY Capai 72 Persen

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 04 Juni 2020, 02:40 WIB
"Dengan rapid test massal, kita bisa memberikan data yang tepat. Data yang  kita miliki (jumlah pasien potitif Covid-19 yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya