Sabtu 09 Mei 2020, 05:40 WIB

Polisi Tangkap Youtuber Buron Asal Bandung

BY/YKB/N-3 | Nusantara
Polisi Tangkap Youtuber Buron Asal Bandung

ANTARA FOTO/Ahmad Fauzan
Tersangka kasus prank bantuan sosial berisi sampah dan batu kepada transgender.

 

APARAT Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menangkap Ferdian Paleka, youtuber pembuat video gurauan (prank) tentang pemberian bantuan berisi sampah dan batu kepada korban transpuan.

Penangkapan tersangka dilakukan di Tol Jakarta-Merak, Tangerang, pada Jumat (8/5) dini hari. Kepala Satuan Reskrim Polrestabes Bandung Ajun komisaris Besar Galih Indragiri membenarkan hal tersebut. “Sekitar pukul 01.00,” kata Galih.

Dia menjelaskan, saat ditangkap, pelaku utama yang tengah bersama dua rekannya tidak memberikan perlawanan.

Kedua rekan yang bersama tersangka ialah Aidil yang juga berperan sebagai pembuat video serta Jamaludin yang merupakan paman Ferdian. Namun, hingga saat ini belum diketahui peran dan motif Jamaludin saat bersama para pelaku ketika ditangkap.

Setelah membekuk para tersangka, petugas langsung membawa mereka ke Kantor Polda Jawa Barat untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Sementara itu, dalam rekaman video yang beredar, Ferdian terlihat lesu saat ditangkap petugas.

Dengan menggunakan kaus dan celana panjang berwarna abu, youtuber asal Bandung itu tertunduk malu setelah pelariannya berakhir. Hal itu berbeda dengan perangainya saat beraksi dalam video yang dibuatnya.

Selain itu, terlihat perbedaan mencolok pada sosok Ferdian saat ditangkap dengan ketika beraksi dalam video. Ketika melakukan aksi, rambutnya terlihat dicat kuning. Kini rambutnya berwarna hitam.

Ferdian juga telah mencukur kumisnya. Hal itu berbeda saat sebelum ditangkap, dia tampak memiliki kumis.

Akibat prank tersebut, Ferdian bersama dua pelaku lainnya dinilai telah melanggar Undang-Undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). “Kita jerat dengan UU ITE, hukuman maksimal empat tahun. Namun, ada juga Pasal 36 dan Pasal 51 ayat (2) dengan ancaman hukuman delapan tahun,” kata Galih. (BY/YKB/N-3)

Baca Juga

Antara

Lima Hari Terakhir, Bantul Nihil Kasus Baru Korona

👤Ant 🕔Selasa 26 Mei 2020, 02:25 WIB
total kasus positif di Bantul berjumlah 56 orang, tidak ada perubahan data dibandingkan kasus positif yang tercatat pada 21, 22, 23, 24 Mei...
MI/Hijrah Ibrahim

Walikota Tidore Dirujuk ke RS Rujukan Covid-19 di Ternate

👤Hijarh Ibrahim Jakaria 🕔Senin 25 Mei 2020, 22:33 WIB
Dari pantauan Media Indonesia di Pelabuhan Resident Ternate, Walikota Tidore dirujuk menggnakan speed boat dengan dikawal sejumlah Tenaga...
Antara

Polisi Tak Bermasker Murka Saat Ditegur Petugas

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 20:50 WIB
Anggota Satlantas Polrestabes Bandung sudah diperiksa dan akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya