Sabtu 09 Mei 2020, 01:55 WIB

Kelanjutan Seri A kembali Terancam

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Kelanjutan Seri A kembali Terancam

AFP

 

NASIB Liga Seri A Italia terancam setelah sejumlah temuan baru kasus positif covid-19 pada pemain. Klub awalnya akan kembali berlatih pada 18 Mei, melanjutkan dimulainya latihan individu sejak 4 Mei sebagai upaya kompetisi bisa dilanjutkan setelah dihentikan sejak Maret.

Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) awalnya mendapat tekanan dari sponsor dan fan agar kompetisi dapat dilanjutkan. Mereka kemudian menggelar pertemuan pada Kamis (7/5) waktu setempat atau kemarin dini hari untuk membahas protokol medis saat menjalani latihan. 

Namun, usaha itu kini terancam karena sejumlah klub saat menggelar tes kesehatan melaporkan ada temuan baru kasus positif covid-19. Delapan kasus ditemukan di tiga klub Seri A. Sampdoria melaporkan empat pemainnya, termasuk satu yang sudah dinyatakan sembuh dari covid-19 sebelumnya. 

Fiorentina melaporkan tiga pemain dan satu pemain lainnya dari Torino. Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora mengatakan akan berusaha membuat klub bisa kembali berlatih pada 18 Mei dengan sistem yang menjamin keamanan pemain dan ofisial. 

“Pertemuan antara FIGC dan komite ilmiah baru saja berakhir. Protokol yang diusulkan kembali ke sesi latihan sedang dianalisis,” ujar Spadafora.

“Sekarang komite berdasarkan masukan tersebut akan membuat protokol yang akan dikirim ke menteri kesehatan,” kata Spadafora.

Meski demikian, nasib Liga Italia musim 2019/2020 masih dipertanyakan. Itu karena pemerintah belum bisa memastikan kelanjutan kompetisi itu. Dua negara Eropa, Belanda dan Prancis, telah memutuskan menghentikan kompetisi sepak bola akibat pandemi korona.

Namun, pemerintah Jerman telah memastikan Bundesliga kembali bergulir kendati tanpa penonton mulai 16 Mei nanti.


Mulai 20 Juni

Di Spanyol, kabar jadwal kembalinya laga La Liga mulai menyeruak. Pelatih Leganes Javier Aguirre mengaku telah diberi tahu La Liga bahwa kompetisi musim ini bakal dilanjutkan pada 20 Juni dan berakhir pada 26 Juli mendatang.

Selain itu, pertandingan juga akan digelar di tengah pekan dan akhir pekan. “Kami sudah punya tanggal untuk memulai liga pada 20 Juni. Kami akan memulai kembali La Liga dan setelah lima pekan berjalan, liga akan resmi berakhir pada 26 Juli,” kata Aguirre.

“Pertandingan akan dimainkan Sabtu-Minggu dan Rabu-Kamis, 11 pekan pertandingan,” lanjutnya.

Pihak La Liga masih belum berkomentar terkait ucapan Aguirre tersebut. Mereka hanya bisa memastikan bahwa saat ini klub masih fokus melakukan serangkaian tes covid-19 setelah diizinkan kembali menggelar latihan.

Klub-klub La Liga sebelumnya sudah diizinkan kembali berlatih pada pekan ini setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan Spanyol. Pemain baru dibolehkan kembali berlatih apabila sudah selesai menjalani tes medis yang disediakan klub masingmasing.

Sebelum ditangguhkan pada pertengahan Maret, Barcelona memimpin di puncak klasemen dengan raihan 58 poin atau dua poin unggul atas seteru abadi, Real Madrid. Kemarin, Barcelona menggelar latihan kendati dengan protokol kesehatan ketat. Latihan yang diikuti megabintang Lionel Messi itu dilangsungkan di pusat latihan Ciutat Esportiva Joan Gamper, Sant Joan Despi. (AFP/R-2)
 

Baca Juga

ANTARA/

PSSI Didorong Wajibkan Klub Mainkan Pemain U-20

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 13:49 WIB
Hal ini dilakukan agar tim nasional U-20 Indonesia bisa tampil di Piala Dunia U-20 yang berlangsung tahun 2021 di Tanah...
AFP/ALBERTO PIZZOLI

Semifinal Coppa Jadi Laga Pembuka Sepak Bola Italia

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 12:11 WIB
Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora telah mengonfirmasi izin dari pemeritah ihwal pertandingan tersebut. Sementara, laga final rencananya...
AFP/ALEXANDER HASSENSTEIN

​​​​​​​Salip Liverpool, Chelsea Segera Datangkam Timo Werner

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 05 Juni 2020, 11:22 WIB
Werner menampilkan performa terbaik untuk Leipzig di Bundesliga musim ini, dengan mencetak 25 gol dari 29...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya