Sabtu 09 Mei 2020, 04:00 WIB

Mi 10, Andalan Xiaomi Menggaet Profesional Muda

Try/M-2 | Teknologi
Mi 10, Andalan Xiaomi Menggaet Profesional Muda

DOK XIAOMI
Xiaomi Mi 10 diklaim sebagai ponsel flagship lengkap yang paling layak untuk pasar Indonesia.

MENGINJAK 10 tahun kehadirannya di dunia gadget, Xiaomi menghadirkan seri ponsel pintar generasi tertinggi flagship mereka ke Indonesia, yakni Mi 10. Dibanderol di kisaran Rp8 jutaan, Xiaomi Mi 10 diklaim sebagai ponsel flagship lengkap yang paling layak untuk pasar Indonesia.

Alvin Tse, Country Director untuk Xiaomi Indonesia, menjelaskan bahwa bersamaan dengan dipasarkannya Mi 10, mereka juga mengeluarkan berbagai ekosistem, produk, dan teknologi nirkabel. “Kami membawa Mi 10 dan beberapa produk ekosistem yang meluncur hari ini sebagai bentuk hadiah bagi pengguna Xiaomi,” kata Alvon Tse dalam konferensi pers virtualnya, kemarin.

Ponsel ini merupakan penerus dari Mi 9 yang dirilis tahun lalu dan dibekali dengan sederet peningkatan. Pertama dari segi dapur pacu, Mi 10 menggunakan System-on-Chip (SoC) teranyar dari Qualcomm, Snapdragon 865, serta sudah mendukung jaringan 5G dan teknologi Wifi 6. SoC tersebut dipadankan dengan combo RAM LPDDR5 hingga 12 GB dan memori internal UFS 3.0 dengan kapasitas 256 GB untuk varian reguler dan 512 GB untuk varian Pro. Itu dikatakan Alvin sebagai RAM yang tercepat untuk saat ini.

Gebrakan teknologi selanjutnya ada pada proses pengisian daya nirkabel. Mi 10 mengklaim kemampuan wireless charging mereka lebih baik dari produk Apple yang pertama kali mengenalkan cara pengisian daya tanpa kabel.

“Pertama kali Iphone yang men-support model wireless charging, tapi adopsinya tidak bagus karena pengisian dayanya menjadi lambat dan pengguna kembali menggunakan kabel untuk isi daya. Mi 10 kini telah memutakhirkan teknologi ini sehingga pengisian daya nirkabel dari 0% ke 100% hanya butuh 65 menit. Ini cepat untuk kapasitas baterai 4.780 mAh,” kata Alvin.

Tidak mengikuti tren kamera berbentuk kotak yang sedang ramai pada ponsel terbaru, layout kamera belakang Mi 10 memanjang ke bawah. Dijelaskan Alvin, bentuk layout kamera tidak menjadi bahasa desain yang esensial bagi mereka sebab yang diutamakan ialah kualitas sensor dari kamera itu sendiri. Kamera belakang di Mi 10 terdiri atas kamera utama 108 MP (lensa wide), kamera ultrawide 13 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera 3D ToF 2 MP.

“Untuk kamera depan dibuat sangat kecil di atas tengah layar sehingga membuat Anda nyaman untuk menggunakan layar ponsel yang lebih luas,” jelas Alvin.

Xiaomi mengeluarkan Mi 10 Pro dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi, yaitu 8 lapisan lensa. Adapun Mi 10 reguler hanya 7 lapisan kamera. Pada kamera belakang di MI 10 Pro mencakup kamera utama 108 MP (lensa wide), kamera ultrawide 16 MP, kamera telefoto 12 MP (2x optical zoom), dan kamera depth sensor 5 MP. Daya baterai juga berbeda, kapasitas baterai Mi 10 Pro lebih kecil, yakni 4.500 mAh. Namun, Mi 10 Pro tidak masuk ke pasar Indonesia.

“Kami telah menghitung dari segi harga pasar dan permintaan. Daripada membuat persaingan dengan produk yang mirip satu sama lain, kami memutuskan Mi 10 Pro tidak masuk ke pasar Indonesia,” tutur Alvin.

Lebih lanjut, pihaknya membenarkan covid-19 memberi dampak pada banyak industri termasuk industri ponsel pintar. “Namun, seperti kami sering katakan sebelumnya, Xiaomi menawarkan value product yang tinggi sehingga di saat-saat seperti ini kami tetap tumbuh. Kondisi seperti ini juga membuat orang mencari barang dengan value yang tinggi,” kata Alvin. (Try/M-2)

 

Baca Juga

AFP/Olivier DOULIERY

Tidak ada Fitur Utama bagi Pengguna Gratis, Ini Alasan Zoom

👤Antara 🕔Kamis 04 Juni 2020, 18:41 WIB
Tidak seaman pengguna...
AFP

Ulang Tahun ke-60 Sega Luncurkan Game Gear Micro

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:18 WIB
Game Gear Micro bersistem 8-bit merupakan jawaban dari Game Boy...
AFP

Aplikasi Zoom Perketat Keamanan Bagi Pelanggan Berbayar

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 18:52 WIB
Mreka berencana akan mengubah keamanan telekomunikasi lewat Zoom. Namun tidak dijelaskan apa yang akan mengalami...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya