Sabtu 09 Mei 2020, 01:10 WIB

280.000 KK di DIY akan Terima Bantuan Sosial

Agus Utantoro | Nusantara
280.000 KK di DIY akan Terima Bantuan Sosial

DOK. MI
Ilustrasi

 

SEKURANGNYA 280 ribu kepala keluarga (KK) di Daerah Istimewa Yogyakarta akan menerima bansos (bantuan sosial) yang diperuntukkan bagi masyarakat yang  terdampak Covid-19.

Sekretaris Daerah DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji pada Jumat (8/5) di Ruang Gandhok Tengen, Kompleks Kepatihan menjelaskan bantuan sosial itu akan segera teralisasi. "Pencairan bansos itu sendiri akan melalui Bank BPD DIY, baik transfer ataupun tunai. Adapun lokasi Bank BPD DIY yang ditunjuk akan disesuaikan  dengan lokasi atau domisili penerima bansos," kata Baskara.

Lebih lanjut dijelaskan, data yang telah divalidasi dan saat ini  telah diterima Pemda DIY harus dilakukan pengecekan kembali. "Jumlahnya sejauh ini ada sekitar 169 ribu KK dan masih ditemukan beberapa catatan," katanya.

Menurutnya, masih ditemukan calon penerima yang tercatat berprofesi sebagai ASN, TNI/Polri, ataupun dokter yang sejatinya tidak masuk di dalam daftar. Ia menambahkan, ada pula kelompok yang seharusnya tidak menerima malah menerima.

"Karena yang seharusnya menerima itu yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jumlah 169 ribu tadi masih akan direduksi dan diproyeksikan akan ada sekitar 150 ribu KK," katanya.

Baskara menambahkan, untuk data yang tercatat 130.016 yang dikirimkan oleh pusat adalah penerima yang berbeda. "Kalau yang dari pusat itu  berbeda dengan yang 169 ribu. Jadi kalau ditotal, penerima bansos di DIY ada sekitar 280 ribu KK. Acuannya DTKS saja," jelasnya.

Ia mengatakan pembagian bansos direncanakan digelar secara serempak. "Kami akan berkoordinasi melalui BPD DIY agar pembagiannya dapat  dilakukan bersamaan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi adanya pihak yang belum terdaftar namun berhak untuk mendapatkan bansos, nantinya akan disusulkan di pembagian termin kedua. Kalaupun terdata ada kekurangan, imbuhnya, dapat disesuaikan dengan mengambil pos dari APBD Kabupaten maupun dari Dana Desa. (R-1)

Baca Juga

ANTARA/Gusti Tanati

Disemprot Water Canon, Satu Warga Jayapura Tewas

👤Marcel Kelen 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:38 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengklarifikasi bahwa korban dan rekannya disemprot water canon karena masih beraktivitas...
MI/Arnolduis Dhae

Bali dan Banyuwangi Sepakat Perketat Keluar Masuk Warga

👤Arnoldus Dhae 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:58 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra memastikan penduduk pendatang yang berpotensi masuk ke Bali di masa-masa arus balik...
MI/Rendy Ferdiansyah

28 Pasien Covid-19 di Babel Dinyatakan Sembuh

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:34 WIB
Hingga H+3 hari raya Idul Fitri atau Selasa (26/5), jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Babel sebanyak 39 orang tersebar di 5...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya