Jumat 08 Mei 2020, 15:45 WIB

Pemudik Arah Solo Disuruh Balik ke Kota Rantau

Widjajadi | Nusantara
Pemudik Arah Solo Disuruh Balik ke Kota Rantau

(MI/Widjajadi)
Polisi meminta pengemudi mobil sedan berplat B balik ke daerah asal, di simpang Tugu Makutho, Jumat (8/5).

 

OPERASI penyekatan di simpang Makutho Solo untuk kesekian kalinya menemukan pemudik dari zona merah bandel menuju Solo. Mereka pun diperintah balik arah kembali ke kota rantau.

"Ya, kita tegas tetap menyuruh bakik arah. Ini demi memutus rantai penularan virus covid-19," kata Kepala Unit (Kanit) Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polresta Solo Iptu Sutoyo, Jumat (8/5).

Para petugas dalam kegiatan operasi penyekatan kendaraan yang dihentikan roda empat khususnya dari luar kota dari arah barat (Jakarta) untuk diperiksa identitasnya, dan suhu badannya, beserta pengenakan masker.

Kerika pengemudi dan penumpang kendaraan roda empat menyatakan keinginan mudik maka langsung diarahkan ke karantina di Sriwedari, tetapi jika tidak langsung diminta berbalik arah kembali keasal.

Dalam kegiatan, petugas juga memberikan masker kepada pengendaraan kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang belum mengenakan masker sebagai protokol kesehatan, sekaligus sosialisasi bahaya penyebaran virus korona.

Kegiatan razia penyekatan di Soko dilakukan rutin ditiga titik termasuk Tugu Mahkutho di perbatasan bagian barat Kota Solo ini.

Gelar operasi penyekatan wilayah dilakukan Satgas Kamtibcar, Satgas Dinkes, dan dibantu petugas jaga Pospam, di Tugu Mahkotho Jalan Adi Sucipto khususnya kendaraan dari arah barat.

Sutoyo memprihatinkan masih banyak dijumpai kendaraan roda empat identitasnya luar kota dari arah barat yang mudik ke Solo seperti Jakarta, Bandung, Bogor, dan Bekasi.

Sutoyo paparkan khusus pemudik kendaraan pribadi awalnya diarahkan ke karantina atau kembali berputar ke daerahnya masing-masing. Kegiatan selama satu jam ada delapan kendaraan pribadi yang minta balik arah kembali ke daerah masing-masing.

Terpisah Kepala Lantas Lantas Polresta Solo Kompol Afrian Satya Permadi menegaskan kegiatan pengalihan arus bagi khususnya kendaraan yang akan mudik dari arah barat (Jakarta) ke Solo dilakukan rutin.

Pelaksanaan penyekatan sebagai tindak lanjut Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 Hijriah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.(OL-13).

Baca Juga: Hasil Rapid Test di Dukuh Atas: 4 Penumpang MRT Positif Covid-19

Baca Juga: Sulawesi Selatan Pertimbangkan PSBB level Provinsi


 

 

 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Partai NasDem Kabupaten Maybrat Berikan Sembako ke Warga

👤Martinus Solo 🕔Minggu 31 Mei 2020, 08:45 WIB
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat, Papua Barat dari Fraksi Partai NasDem menyerahkan bantuan sembako di wilayah Mare,...
123rf.com

Pasien Sembuh di Banyuwangi Bertambah

👤Usman Afandi 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:55 WIB
Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur melaporkan adanya penambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dari...
MI/Dwi Apriani

Kabupaten Aceh Jaya Memasuki Mulai Terapkan Kenormalan Baru

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Minggu 31 Mei 2020, 07:10 WIB
Darurat covid-19 di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, dinyatakan berakhir pada Sabtu (30/5). Artinya kawasan berjuluk Meureuhom Daya itu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya