Jumat 08 Mei 2020, 12:07 WIB

PPDB Flores Timur Terapkan Tiga Jalur Untuk Pemerataan

Ferdinandus Rabu | Nusantara
PPDB Flores Timur Terapkan Tiga Jalur Untuk Pemerataan

MI/Ferdinandus Rabu
Pemkab Flores Timur meyediakan tiga jalur dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020 dengan sistem daring.

 

PEMKAB Flores Timur, NTT mengingatkan setiap sekolah untuk membuka kesempatan yang sama dan merata bagi para calon siswa baik di kota dan desa dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Seperti tahun-tahun sebelumnya, PPDB masih menggunakan tiga jalur. Yakni jalur zonasi, jalur prestasi siswa dan jalur perpindahan atau mutasi orang tua. Sementara dalam sistem PPDB kali ini agak berbeda karena di tengah pandemi covid-19. Sekolah dianjurkan untuk melaksanakan PPDB menggunakan sistem daring.

"Masih seperti tahun-tahun yang lalu. PPDB masih menggunakan tiga jalur, yaitu jalur zonasi, jalur prestasi siswa, dan jalur perpindahan atau mutasi orang tua. Kita harap tidak ada kendala walaupun di tengah pandemi wabah korona ini. kita harap semuanya dapt berjalan baik dan proses PPDB pun dapat berjalan lancar, karena sampai saat ini belum ada keluhan terkait jalur yang digunakan dalam PPDB ini. Ada sejumlah sekolah yang sudah mulai melakukan pendaftaran atau PPDB. Kita harap dengan pola atau jalur yang dipakai dalam PPDB tersebut. Sekolah-sekolah tidak pilih kasih, namun mampu menerapkan PPDB secara adil dan merata. Saat ini jumlah SD sebanyak 298, dan SMP sebanyak 76 sekolah," kata Kabid Pembinaan SD dan SMP di Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Flotim, Yohanes Frans Ukat saat dikonfirmasi Jumat (8/5).

Sementara terkait sistem yang diterapkan dalam PPDB secara daring, Dinas Pendidikan Flotim pun menyerahkan sepenuhnya kepada pihak sekolah untuk bebas menerapkan sistem PPDB baik secara daring maupun secara offline sesuai dengan kondisi wilayah setempat. Kebebasan bagi sekolah-sekolah tersebut untuk memaksimalkan pelayanan kebutuhan calon siswa sekalipun terbatas sarana dan akses telekomunikasi. 

baca juga: Calon Kepala Daerah Mulai Memanaskan Mesin Politik

"Terkait sistem yang diterapkan dalam PPDB ini dan di tengah wabah korona ini diharapkan bisa menggunakan sitem daring atau online. Namun begitu, kami memberikan kebebasan bagi sekolah-sekolah untuk boleh menerapkan sistem sistem mana yang mau dipakai dalam PPDB. Apakah online atau offline, sesuai kemampuan sekolah masing-masing," lanjutnya. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Martinus Solo

Penumpang KM Fajar Mulia Dikarantina di Raja Ampat

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:15 WIB
Mereka yang melakukan perjalanan ke luar daerah harus memiliki dokumen atau surat lengkap. Ia berharap agar masyarakat tetap menaati...
ANTARA/Septianda Perdana

Pasien Positif Covid-19 di Pematangsiantar Bertambah 6 Orang

👤Apul Iskandar 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 10:03 WIB
Saat ini, pasien positif covid-19 di Pematangsiantara menjadi 13...
ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 di Kalsel Diprediksi Tembus 1.000 pada Awal Juni

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:30 WIB
Saat ini, jumlah warga Kalsel yang positif terpapar virus korona sudah sebanyak 893...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya