Jumat 08 Mei 2020, 08:10 WIB

Yuri: PSBB di Sejumlah Daerah Berakhir Mei

Siti Yona Hukmana | Humaniora
Yuri: PSBB di Sejumlah Daerah Berakhir Mei

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Lapak PKL diberikan cat tanda jaga jarak untuk penerapan physical distancing di Pasar Anyar, Kota Tangerang, Banten, Kamis (7/5).

 

MASA pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di belasan daerah segera berakhir. Kebijakan untuk percepatan penanganan virus korona (covid-19) di sejumlah daerah itu berakhir bulan ini.

"Ada 16 daerah yang masa PSBB-nya berakhir bulan Mei," kata juru bicara untuk penanganan virus korona (covid-19), Achmad Yurianto saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (8/5).

Rinciannya DKI Jakarta 22 Mei, Sumatra Barat 29 Mei, Gorontalo, 18 Mei, Jawa Barat 19 Mei, Kota Tarakan 30 Mei, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik 11 Mei. Kabupaten Gowa 17 Mei, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan 17 Mei, serta Pekanbaru 14 Mei.

"Kota Tegal berakhir Rabu, 6 Mei, )Kota Banjarmasin dan Makassar berakhir Kamis, 7 Mei 2020," ujar Yurianto.

Namun, ketiga daerah itu sudah melakukan perpanjangan masa PSBB. Ketiga daerah tersebut resmi menerapkan PSBB tahap kedua selama 14 hari ke depan.

Baca juga: Kepatuhan Warga pada PSBB Jabar Rendah

PSBB bertujuan untuk membatasi beberapa kegiatan masyarakat di suatu daerah untuk mencegah penyebaran covid-19. Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga jarak fisik (physical distancing) demi mengurangi penyebaran virus korona.

"Perlu kesadaran masyarakat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, hindari kontak dekat dengan kerumunan orang dan menggunakan masker," ungkap Yurianto.

Jumlah pasien positif korona di seluruh Indonesia per Kamis (7/5), mencapai 12.776 orang. Sebanyak 2.381 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 930 orang meninggal akibat virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu. (A-2)

Baca Juga

mui.or.oid

Soal Hoaks Seruan Siaga Rapid Test, MUI Duga Hendak Adu Domba

👤Henri Siagian 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:34 WIB
Sebab, narasi kabar hoaks tersebut dipenuhi tuduhan dan prasangka, kasar, berupaya mengadu domba dan merusak nama baik organisasi...
mui.or.id

Soal Seruan Siaga Rapid Test Modus PKI, MUI: Hoaks

👤Henri Siagian 🕔Senin 25 Mei 2020, 14:02 WIB
Seruan yang mengatasnamakan Sekretariat MUI itu berisi pemberitahuan kewaspadaan terhadap rapid test covid-19 bagi para ulama, kiai, dan...
Dok Pri

Tokoh Muda Papua Minta Warga Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 25 Mei 2020, 12:31 WIB
Sikap masyarakat, termasuk yang ada di Papua, yang mulai acuh tak acuh dianggap berbahaya bisa menimbulkan dampak penularan yang lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya