Jumat 08 Mei 2020, 07:36 WIB

AS Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19 di Penjara Imigran

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Laporkan Kematian Pertama Akibat Covid-19 di Penjara Imigran

AFP/JOSEPH PREZIOSO
Sejumlah imigran ditahan di fasilitas tahanan di AS.

 

SEORANG pria El Salvador berusia 57 tahun menjadi imigran pertama yang ditahan di tahanan Amerika Serikat (AS) yang meninggal karena covid-19. Hal itu dikatakan pemerintah AS, Kamis (7/5).

Carlos Escobar-Mejia yang ditahan di Pusat Penahanan Imigran Otay Mesa di San Diego meninggal dunia pada Rabu (6/5) di sebuah rumah sakit telah dia dirawat sejak 24 April.

Pusat penahanan yang dikelola swasta telah melaporkan 132 kasus covid-19, terbanyak di antara 41 fasilitas penahanan yang digunakan Badan Imigrasi dan Bea Cukai AS (ICE).

Baca juga: Pandemi Korona Lebih Buruk dari Serangan 9/11

"Imigran yang ada di sana menyebut tempat itu sebagai death trap karena tidak adanya pembatasan yang dilakukan para staf," ujar lembaga HAM American Civil Liberties Union.

Bulan lalu, kelompok HAM mengajukan class action terhadap ICE dan CoreCivic, kontraktor pengelola fasilitas penahanan itu, menuntut dikuranginya jumlah tahanan seiring pandemi covid-19 yang melanda AS.

Pekan lalu, pengadilan memerintahkan tahanan di fasilitas itu dilepaskan. Namun, hingga Senin (4/5), baru satu orang yang dibebaskan.

"Ini adalah tragedi yang telah diramalkan dan seharusnya bisa dicegah," ujar Andrea Flores, Wakil Direktur Kebijakan Imigrasi di ACLU. "Selama berbulan-bulan, pakar kesehatan telah memperingatkan bahwa fasilitas kesehatan bisa menjadi pusat penyebaran covid-19 dan bisa menyebabkan banyak orang tewas." (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Jaafar Ashtiyeh

Israel Bebaskan Warga Palestina yang Mogok Makan 103 Hari

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 20:02 WIB
Akhras, 49, ditangkap di dekat Nablus pada Juli dan dimasukkan ke penahanan administratif. Kebijakan ini digunakan Israel untuk menahan...
AFP/Louai Beshara

PM Ishtaye Desak Dunia Akui Negara Palestina sesuai Batas 1967

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 19:31 WIB
Rakyat Palestina ingin mendirikan negara yang merdeka di wilayah yang diduduki oleh Israel pada 1967 dengan wilayah timur Yerusalem sebagai...
AFP

Imbas Pandemi Disney PHK 32.000 Pekerja Awal 2021

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 26 November 2020, 17:20 WIB
WALT Disney akan memberhentikan 32 ribu pekerja, terutama di taman hiburannya, karena perusahaan sedang berjuang dengan terbatasnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya