Jumat 08 Mei 2020, 06:34 WIB

Tidak Setuju Longgarkan Lockdown, Pejabat Kesehatan Madrid Mundur

Basuki Eka Purnama | Internasional
Tidak Setuju Longgarkan Lockdown, Pejabat Kesehatan Madrid Mundur

AFP/Pierre-Philippe MARCOU
Ketua Kesehatan Masyarakat Madrid Yolanda Fuentes

 

SEORANG pejabat kesehatan Madrid, Kamis (6/5), mengundurkan diri karena disebut tidak sepakat dengan rencana pemerintah kota untuk melonggarkan aturan lockdown di ibu kota Spanyol itu.

Yolanda Fuentes mengundurkan diri dari posisinya sebagai Ketua Kesehatan Masyarakat Madrid setelah pemerintah kota itu meminta pemerintah Spanyol untuk melonggarkan aturan lockdown mulai Senin (11/5).

Pemerintah Madrid tidak menjelaskan alasan pengunduran diri Fuentes di saat pandemi covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 26 ribu orang di Spanyol.

Baca juga: Prancis Batasi Pelonggaran Lockdown di Paris

Namun, media massa Spanyol melaporkan Fuentes tidak sepakat dengan pengendoran lockdown di Madrid, wilayah yang paling parah terhantam covid-19 di Spanyol. Sepertiga angka kematian di Spanyol terjadi di Madrid.

Pemerintah Spanyol berencana secara bertahap melonggarkan lockdown yang telah diberlakukan mulai 14 Maret lalu.

Pemerintah lokal bisa meminta pelonggaran lebih luas jika mereka telah memenuhi sejumlah kriteria seperti memiliki tempat tidur rumah sakit yang menadai atau fasilitas isolasi yang cukup.

Pemimpin Madrid Isabel Diaz Ayuzo telah meminta izin kepada kementerian kesehatan untuk memasuki tahap berikutnya dari pelonggaran lockdown dengan membuka kembali hotel dan restoran serta mengizinkan pertemuan yang mebilbatkan lebih dari 10 orang. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Thai Airways Restrukturisasi lewat Pengadilan

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:40 WIB
MASKAPAI penerbangan Thai Airways International selangkah lebih dekat untuk melakukan restrukturisasi melalui pengadilan...
DOK MI

Ratusan Petugas Kesehatan di Nigeria Terinfeksi Covid-19

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:20 WIB
Jumlah kasus covid-19 yang dikonfirmasi di negara ini telah mencapai 10.819. Dari jumlah tersebut, terdapat 314 kematian dan 3.240...
AFP

Kematian Akibat Covid-19 di Brasil 30.000 Orang

👤MI 🕔Kamis 04 Juni 2020, 01:15 WIB
JUMLAH kematian akibat covid-19 di Brasil pada Selasa (2/6) melampaui 30.000 orang. Angka yang dirilis Kementerian Kesehatan Brasil...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya