Jumat 08 Mei 2020, 06:15 WIB

PGN Pertahankan Penyaluran Gas Bumi Triwulan I 2020

RO/E-3 | Ekonomi
PGN Pertahankan Penyaluran Gas Bumi Triwulan I 2020

ANTARA FOTO/Aji Styawan
Petugas PT PGN, Tbk menyalurkan gas bumi dalam bentuk "Compressed Natural Gas".

 

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selama periode Januari – Maret 2020 berhasil mempertahankan penyaluran gas bumi sebesar 882 BBTUD meski dalam kondisi prihatin menghadapi pandemi covid-19.

“Pada triwulan I 2020, jumlah pelanggan tumbuh seiring dengan pertumbuhan industri, kelistrikan dan pembangunan jargas. PGN saat ini sebagai subholding gas mengelola lebih dari 390 ribu pelanggan,” ungkap Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama di Jakarta, kemarin.
Rachmat menjelaskan tingginya kebutuhan energi di dalam negeri merupakan peluang bagi PGN untuk mengoptimalkan penggunaan gas bumi.  

Lebih lanjut Rahmat mengatakan, di tengah perlambatan perekonomian global akibat pandemi covid-19, PGN terus aktif dalam menopang ketahanan ekonomi dengan tetap melaksanakan penyaluran gas bumi guna memenuhi kebutuhan gas bumi dalam negeri.

“PGN juga menjalankan proyek-proyek strategis efisiensi energi dan mengurangi beban subsidi, seperti gasifikasi kilang pertamina dan program-program penugasan seperti gasifikasi pembangkit listrik dan pembangunan jargas rumah tangga, sektor UMKM dan transportasi,” jelas Rachmat.

Di tengah kondisi pandemi covid-19, PGN tengah menyelesaikan proyek pembangunan terminal LNG Teluk Lamong. Saat ini progressnya sudah sekitar 90% dan siap diuji coba. Nantinya, gas akan disalurkan untuk memenuhi kebutuhan gas di wilayah Jawa Timur, baik yang disalurkan melalui gas pipa maupun dalam bentuk retail LNG.

Saat ini PGN menjalankan berbagai peran strategis BUMN sebagai revenue generator sekaligus agent of development dalam pengelolaan gas bumi.

PGN juga melakukan integrasi pengelolaan infrastruktur dan komoditas sehingga mampu menjadi energi yang kompetitif dan efisien. (RO/E-3)

 

Baca Juga

Antara

Kemendesa PDTT Terima 500 Aduan Terkait BLT Dana Desa

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:26 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menerima 500 aduan terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa...
MI/SUSANTO

Terdampak Covid-19, Pendapatan Perusahaan PR Anjlok Hingga 50%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:14 WIB
Wabah covid-19 yang tengah melanda Indonesia beberapa bulan terakhir  telah memukul perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan...
MI/Heri Susetyo

Perubahan Pelunasan Utang Sukuk Garuda Diumumkan 10 Juni

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:58 WIB
Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Mitra Piranti mengungkapkan bahwa persetujuan perubahan kesepakatan utang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya