Jumat 08 Mei 2020, 00:00 WIB

Polisi Tindak 13.519 Kendaraan Pelanggar Mudik

Tri Subarkah | Megapolitan
Polisi Tindak 13.519 Kendaraan Pelanggar Mudik

MI/ Ramdani
Ilustrasi

 

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 13.519 kendaraan yang dilakukan penindakan terkait larangan mudik Lebaran tahun ini. Belasan ribu kendaraan tersebut diminta untuk berbalik arah saat hendak keluar Jabodetabek.

"Sampai saat ini sudah ada 13.519 kendaraan yang diputarbalikkan ke arah Jakarta," kata Dirlantas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo melalui keterangan tertulis, Kamis (7/5).

Angka tersebut merupakan akumulasi pelanggar yang tercatat sejak pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2020 pada Jumat (24/4) hingga Rabu (6/5) kemarin.

Berdasarkan data Ditlantas PMJ, pelanggaran didominasi terjadi di jalur arteri dengan total 5.477 kendaraan.

Sementara itu, di Gerbang Tol Cikarang Barat total jumlah pelanggar yang ditindak sebesar 4.546 kendaraan, sedangkan di Gerbang Tol Bitung yang mengarah ke Merak mencapai 3.496.

Pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2020 dilakukan dengan mendirikan 18 pos pemantauan terpadu. Dua pos diletakan di Cikarang Barat dan Bitung, sedangkan sisanya tersebar di jalur arteri perbatasan.

Pihak kepolisian melakukan penyekatakan jalan dan memeriksa kendaraan. Bagi kendaraan yang kedapatan akan meninggalkan wilayah Jabodetabek untuk mudik, petugas di lapangan akan meminta mereka untuk memutarbalikkan kendaraannya ke rumah masing-masing.

Ditlantas PMJ sendiri beberapa kali menemukan penyelundup mudik yang dilakukan oleh travel maupun bus.

Sambodo menegaskan dirinya akan menindak tegas anggota di lapangan apabila kedapatan menerima sogokan dari pemudik di pos penjagaan.

“Kalau masyarakat bisa menyampaikan buktinya, videonya pasti kita akan tindak tegaslah, kita tidak main-main masalah mudik,” tandas Sambodo. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Risyal Hidayat

New Normal, LRT Jakarta Sediakan Footswitch Saat Masuk Lift

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:20 WIB
Pada saat kenormalan baru atau new normal diterapkan di Jakarta, transportasi light rail transit (LRT) Jakarta bakal meniadakan kontak...
MI/MOHAMAD IRFAN

​​​​​​​Selama Mei, 205 Orang Masuk ke Jakarta Lewat Pulo Gebang

👤Tri Subarkah 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:55 WIB
"Kedatangan penumpang sejak 9 Mei sampai 31 Mei berjumlah 205 orang dengan menggunakan 43 bus," Kasatpel Operasional dan...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Pusat-Daerah Harus Bersinergi Bahas Pembukaan Sekolah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:09 WIB
"Saran kami, Gugus Tugas Nasional dengan kementerian terkait duduk bersama Pemprov DKI mengulas hasil evaluasinya berdasarkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya