Kamis 07 Mei 2020, 21:49 WIB

Kepala Daerah Bodebek Usul KRL Dihentikan Sementara

Kisar Rajaguguk | Megapolitan
Kepala Daerah Bodebek Usul KRL Dihentikan Sementara

Antara
KRL

 

UNTUK percepatan pencegahan dan penyebaran virus korona atau covid-19 di transportasi massal, sejumlah kepala daerah di Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) berwacana mengusulkan penghentian operasional kereta rel listrik (KRL) untuk sementara. Hal itu mengingat adanya tiga penumpang KRL yang dinyatakan positif setelah menjalani tes.

“Terkait usulan penghentian operasional KRL, hal tersebut merupakan baru wacana para Kepala Daerah di Bodebek, tujuannya adalah untuk memutus rantai penularan Covid-19 di KRL, " kata Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok Idris Abdul Shomad yang juga Walikota Depok, Kamis (7/5).

Usulan tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Kepala daerah di Bodebek berpendapat physical distancing di KRL pada peak hour masih tidak sesuai ketentuan. Kondisi itu dikhawatirkan akan sulit untuk dilakukan pencegahan penyebaran virus.

“Karena pada jam sibuk, masih ditemukan physical distancing pada KRL Commuter Line belum terjaga dengan baik, sehingga resiko penularan akan semakin tinggi,” ungkapnya.

Namun kata Idris wacana usulan tersebut harus berdasarkan kesepakatan. Dalam hal ini adalah Pemerintah Pusat, Pemprov DKI, Pemprov Jabar serta operator KCJ.

“Tentunya langkah ini perlu kesepakatan antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat,

Pemerintah Kabupaten/Kota Bodebek, Operator Commuter Line dan para pihak terkait lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, mengenai rencana test massal di tempat umum, Pemkot Depok akan melaksanakannya dalam waktu dekat. Pelaksanaan dilakukan Pemprov Jabar bekerjasama dengan Pemkot Depok dengan sasaran ODP, PDP, tenaga kesehatan, pedagang pasar dan pelaku perjalanan.

“Berkenaan dengan Rapid Test pada tempat-tempat umum sudah kita rencanakan, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Depok akan melaksanakan Swab Massal dengan sasaran ODP, PDP, tenaga kesehatan, pedagang pasar dan pelaku perjalanan,” pungkasnya (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Indrianto eko Suwarso

Mulai 8 Juni, headway MRT Tiap 5 Menit di Jam Sibuk

👤Putri Anisa Yuliani/Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 23:39 WIB
Sementara itu, mulai 8 Juni mendatang, MRT kembali memperpendek headway. Kereta MRT akan tiba tiap 5 menit di jam sibuk pada hari kerja dan...
MI/Pius Erlangga

Ganjil-Genap Sepeda Motor Saat PSBB Transisi, Warganet Girang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:47 WIB
"Pembatasan motor itu perlu, harus didukung. Kualitas bahan bakar buruk, motor penyumbang polusi tertinggi di Jakarta,: kata salah...
Antara/Fauzan

1,6 Juta Orang Keluar Jakarta saat Larangan Mudik Berlaku

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 06 Juni 2020, 22:05 WIB
"Total kendaraan yang keluar Jakarta sejak itu ada 465.583 kendaraan dengan total 1,6 juta penumpang," kata Kepala Dinas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya