Kamis 07 Mei 2020, 18:10 WIB

Orang Asia di Inggris, Tiga Kali Berisiko Meninggal karena Covid-

Antara | Internasional
Orang Asia di Inggris, Tiga Kali Berisiko Meninggal karena Covid-

Antara
ilustrasi.

 

ORANG Asia, kelompok-kelompok kulit hitam di Inggris dan etnis minoritas (BAME) berisiko dua kali tiga kali lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 dibandingkan dengan populasi umum, menurut sebuah analisis baru dari University College London (UCL).

"Analisis ini menunjukkan kematian akibat Covid-19 secara proporsional lebih tinggi pada kelompok kulit hitam, Asia dan minoritas," kata Dr. Delan Devakumar, penulis studi seperti dilansir Time.

Dia mengatakan, sangat penting mengatasi faktor-faktor risiko sosial dan ekonomi yang mendasari dan hambatan terhadap perawatan kesehatan yang mengarah pada kematian ini.

Analisis yang diterbitkan Wellcome Open Research ini menggunakan data NHS dengan 16.272 pasien yang meninggal di rumah sakit di Inggris dan dinyatakan positif Covid-19 antara 1 Maret dan 21 April.

Data tersebut mengungkapkan risiko kematian sekitar 3,24 kali lebih tinggi untuk orang kulit hitam, 2,41 kali lebih tinggi untuk orang Bangladesh, 2,21 kali lebih tinggi untuk orang kulit hitam Karibia dan 1,7 kali lebih tinggi untuk orang India dibandingkan dengan populasi umum.

Untuk kelompok etnis, jumlah total kematian terbesar adalah orang India, dengan 492 kematian dari 16.272 pasien. (India adalah kelompok etnis minoritas tunggal terbesar di Inggris.)

Bahkan di negara-negara dengan tingkat kematian yang lebih rendah, para peneliti juga menemukan kelompok BAME menghadapi tingkat kematian yang lebih tinggi daripada populasi lainnya.

Para ahli mengatakan, hambatan mengakses layanan kesehatan serta faktor-faktor risiko sosial dan ekonomi bisa menjadi alasannya. Mereka mungkin hidup dalam kondisi yang buruk dan lebih mungkin memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya seperti diabetes dan penyakit jantung, membuat mereka lebih rentan terhadap Covid-19. (OL-12)

Baca Juga

AFP/Javier Tovar

Buntut Aksi Ricuh, Trump akan Tetapkan Antifa ke Kelompok Teroris

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 10:22 WIB
Di Twitter, Trump menyalahkan aksi ricuh dipimpin Antifa dan Radical Left Anarchists namun tanpa memberikan rincian...
AFP/TIZIANA FABI

Covid-19: Italia Laporkan 75 Kematian, Tren Terus Turun

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:50 WIB
Italia pada Minggu (31/5) melaporkan 75 kematian terkait kasus virus covid-19, sehingga jumlah total kematian menjadi...
AFP/JAVIER SORIANO

Spanyol Alami Kurang dari 100 Infeksi Baru untuk Pertama Kalinya

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Senin 01 Juni 2020, 09:45 WIB
Kementerian Kesehatan Spanyol mencatat tambahan 96 kasus positif covid-19 pada Sabtu, lebih rendah dari pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya