Kamis 07 Mei 2020, 14:21 WIB

Indonesia-AS Perkuat Kerja Sama Keamanan Laut

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Indonesia-AS Perkuat Kerja Sama Keamanan Laut

Antara/Risyal Hidayat
Operasi gabungan pengendalian wilayah laut di ZEE Natuna Utara.

 

BADAN Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia (RI) dan United States (US) Coast Guard memperkuat kerja sama di bidang sumber daya manusia (SDM) untuk keamanan laut.

Wacana tersebut mengemuka saat Kepala Bakamla RI, Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, menerima kunjungan kehormatan Charge d’ Affaires Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Heather Variava, di Markas Besar Bakamla, Rabu (6/5).

“Ketika pandemi covid-19 berakhir, kami siap melanjutkan pengiriman personel kami guna mengikuti berbagai pelatihan di AS,” ujar Aan dalam keterangan resmi, Kamis (7/5).

Baca juga: Militer Indonesia-AS Gelar Latihan Bersama

Sejak kedua belah pihak menandatangani Work Plan pada 2017 lalu, Bakamla RI dan US Coast Guard menjalin sejumlah kerja sama. Prioritasnya terletak pada peningkatan kapasitas di bidang keselamatan maritim, keamanan, penegakan hukum dan perlindungan lingkungan.

"Kami menitikberatkan pada pengelolaan organisasi yang efisien, kapasitas sumber daya manusia dan sejumlah keterampilan teknis," tutur Aan.

Khusus pengembangan kapasitas SDM, dilaksanaan pelatihan dasar dan lanjutan bagi personel Bakamla RI di pusat pelatihan USCG di AS. Adapun, pelatihan yang dilakukan meliputi Boatswain Mate, Damage Controlman, Machinery Technician, Electrician Mate, Maritime Law Enforcement Specialist, Gunner’s Mate, Intelligence Specialist, Information System, Storekeeper, Culinary Specialist, hingga Yeoman.

Baca juga: Indonesia-Amerika Serikat Sepakat Kerja Sama Tangani Covid-19

Kerja sama lain yang juga dilakukan ialah pembentukan Maritime Security Training Center atau Unit Pendidikan dan Latihan Keamanan Laut dan Pangkalan Bakamla RI di Batam, Kepulauan Riau.

Dalam pertemuan tersebut, Heather juga menyampaikan surat dari Komandan US Coast Guard Admiral, Karl L. Schultz, kepada Kepala Bakamla RI yang berisi undangan untuk berkunjung ke Negeri Paman Sam.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Ilustrasi

Komnas HAM: Perpres Terorisme Tak Boleh Lampaui UU

👤Faustinus Nua 🕔Senin 25 Mei 2020, 19:33 WIB
"Perpres-kan turunan dari UU. Isinya tidak boleh melampaui UU yang memerintahkan adanya Perpres itu. Pelibatan militer harus dalam...
Antara/Andreas Fitri Atmoko

Langgar Aturan Asimilasi, 135 Napi Kembali Masuk Bui

👤Insi Nantika jelita 🕔Senin 25 Mei 2020, 18:28 WIB
"Total ada 135 narapidana asimilasi yang tertangkap kembali setelah mendapatkan kebijakan Kemenkumham akibat adanya...
Akun Facebook Ananda Naris

Soal Bendera Tiongkok Berkibar di Maluku Utara: False Context

👤Henri Siagian 🕔Senin 25 Mei 2020, 16:31 WIB
False context adalah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya