Kamis 07 Mei 2020, 12:45 WIB

Pembangunan Tahap Dua RS Indonesia di Gaza Terus Berjalan

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Pembangunan Tahap Dua RS Indonesia di Gaza Terus Berjalan

AFP/Mohammed Abed
Mural tentang covid-19 di Gaza City

 

Di tengah-tengah merebaknya wabah virus korona yang sudah memasuki Jalur Gaza, aktivitas pembangunan tahap dua Rumah Sakit (RS) Indonesia di Bayt Lahiya, Gaza Utara, Palestina, terus berjalan. Bulan suci Ramadan tidak menyurutkan semangat relawan dalam menunaikan amanah pembangunan RS sebagai bukti cinta mendalam rakyat Indonesia untuk Palestina.

Hal ini disampaikan Edy Wahyudi, Site Manager RS Indonesia di Gaza. "Progress pembangunan RS Indonesia tidak terganggu dan terus bergerak meskipun ada blokade Israel terhadap sejumlah material sejak beberapa bulan terakhir, ditambah merebaknya wabah virus korona yang sudah mulai masuk ke Jalur Gaza," ujar Edy dalam keterangan yang disampaikan MER-C, Kamis (7/5).

Alhamdulillah, lanjutnya, aktivitas pembangunan RS Indonesia amanah dari rakyat Indonesia terus berjalan. "Namun, dengan adanya wabah korona, kami langsung melakukan sejumlah penyesuaian dan antisipasi di lapangan," tambah Edy.

Baca juga: Ratusan Polisi India Positif Terinfeksi Covid-19

Menurutnya, kegiatan antisipasi yang dilakukan di antaranya adalah penyemprotan disinfektan di area Wisma Indonesia tempat tinggal relawan pada pagi dan sore hari. Selain itu, membatasi aktifitas relawan di/ke luar dari area RS Indonesia kecuali untuk hal-hal yang sangat darurat dan fokus pada penyelesaian pekerjaan di bagian dalam bangunan.

Pembangunan tahap dua RS Indonesia sudah dimulai sejak Februari 2019.

Edy menyampaikan kegiatan pembangunan RS Indonesia tetap dilakukan selama bulan Ramadan dengan penyesuaian waktu aktivitas relawan.

"Pada bulan suci Ramadan, aktivitas pembangunan tetap kami lakukan selama enam hari dalam satu minggu. Sama seperti di luar bulan suci, yaitu dari hari Sabtu sampai dengan Kamis," tandas Edy.

Penyesuaian waktu ini menurutnya dilakukan agar pembangunan tahap dua RS Indonesia tetap dapat berjalan sesuai jadwal. Namun, para relawan juga tetap punya waktu untuk memperbanyak kegiatan ibadah selama Ramadan.

Di tengah wabah korona, kegiatan Ramadan relawan RS Indonesia mengikuti anjuran Pemerintah setempat. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Aksi Unjuk Rasa Atas Kematian Flyod Marak, Gedung Putih Ditutup

👤Deri Dahuri 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:47 WIB
Pada pagi Jumat (30/5) waktu setempat atau hari ini (31/5) waktu Indonesia, para demonstran berkumpul di luar Gedung Putih yang menjadi...
AFP/CARL DE SOUZA

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Brasil Lampaui Spanyol

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:44 WIB
Brasil berada di urutan kedua dalam jumlah kasus yang dikonfirmasi, meskipun masih berada jauh di belakang Amerika Serikat (AS) yang...
AFP/Brendan Smialowski

Disney World dan Taman Hiburan di Florida akan Dibuka Kembali

👤Nur Aivanni 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 09:17 WIB
Orlando yang terletak di Florida, AS, adalah rumah bagi sebagian besar taman hiburan di negara bagian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya