Kamis 07 Mei 2020, 09:23 WIB

Flores Timur Ungkap Pasien Pertama Positif Covid-19

Ferdinandus Rabu | Nusantara
Flores Timur Ungkap Pasien Pertama Positif Covid-19

Istimewa
KM Lambelu bersandar di Pelabuhan Peti Kemas Makassar, 13 April lalu. Kapal ini membawa penumpang positif covid-19.

 


PEMKAB Flores Timur, Provinsi NTT mengkonfirmasikan ada satu pasien positif covid-19 setelah melakukan uji swab. Pasien positif covid-19 ini sebelumnya melakukan perjalan dengan menggunakan KM Lambelu yang tiba pada 7 April lalu. Pasien tersebut satu dari 17 penumpang KM Lambelu. Ia menempati ruang isolasi bersama penumpang lainnya di Gedung SKB Dinas PKO Flores Timur.

Bupati Flores Timur yang juga Ketua Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Flores Timur, Anton Gege Hadjon mengatakan pasien positif covid-19 ini merupakan orang tanpa gejala. Dari hasil pemeriksaan awal tidak menunjukkan gejala. Pasien tersebut berinisial RB berusia 33 tahun. 

"Pasien positif covid-19 berinisial RB ini merupakan satu dari 17 penumpang KM lambelu yang dikarantina selama ini. Pasien tersebut telah melewati dua kali rapid test dan pada tes yang kedua pasien tersebut terkonfirmasi reaktif sehingga dilakukan pemeriksaan swab. Ada 9 sampel yang kita kirim ke Jakarta untuk melalukan pemeriksaan swab. Sembilan sampel tersebut memiliki gejala klinis dan reaktif rapid tes termasuk seorang pasien positif tersebut. Dan dari 9 sampel tersebut, satu sudah terkonfirmasi positif dan 8 sampel lainnya masih menunggu hasil. Saat ini pasien positif tersebut sudah kita pindahkan ke ruang isolasi RSUD dr. Hendrikus Fernadez Larantuka sesuai poitap pengananan covid-19," kata Anton.

baca juga: Dibidik DPRD Pemkab Pati Gunakan Hotel Milik Wabup Untuk Isolasi

Dengan adanya satu pasien positif covid-19 pertama kali di Flores Timur ini, Anton meminta masyarakat tenang dan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan pencegahan covid-19. (OL-3)


 

Baca Juga

ANTARA

Bantuan Sosial Tunai II sudah di Kantor Pos

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 02:10 WIB
SEBELUM Lebaran, Kementerian Sosial sudah menuntaskan penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) tahap...
ANTARA

Rapid Test Massal Digencarkan

👤MI 🕔Jumat 29 Mei 2020, 01:45 WIB
PEMERINTAH daerah terus berupaya memutus rantai penularan virus korona baru atau...
ANTARA

Surabaya dalam Bahaya Korona

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 01:15 WIB
TINGKAT penularan virus korona baru atau covid-19 di Kota Surabaya, Jawa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya