Kamis 07 Mei 2020, 06:11 WIB

Anies Minta Masyarakat Taat Gunakan Masker

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Minta Masyarakat Taat Gunakan Masker

ANTARA/Sigid Kurniawan
Warga Jakarta mengenakan masker saat beraktivitas termasuk saat melangsungkan akad nikah.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat untuk taat menggunakan masker agar menghindari peningkatan penularan covid-19.

Pemakaian masker, imbuh Anies, perlu dilakukan untuk menjaga warga agar tidak menjadi pasien covid-19 sehingga harus berurusan dengan tenaga medis. Terlebih lagi, saat ini, jumlah tenaga medis terbatas. Tenaga medis juga rentan terpapar virus dari para pasien yang ditangani.

"Tenaga medis harus 'dieman-eman' karena dia pertahanan terakhir kita. Karena kita tidak boleh karantina wilayah, kita karantina wajah. Ini kita harus karantina wajah," kata Anies saat menerima bantuan APD dari swasta pada Selasa (5/5) sebagaimana yang diunggah di akun YouTube Pemprov DKI, Rabu (6/5).

Baca juga: Anies Siapkan 3.600 Kamar Inap dan 1.200 ICU untuk Pasien Korona

Anies juga meminta masyarakat patuh dengan imbauan physical distancing yakni menjaga jarak dan meminimalisasi kegiatan di luar rumah.

"Karena (dengan masker) transmisi virus lebih terkendali. Kita harus serius kurangi kegiatan fisik langsung, tapi kegiatan jarak jauh. Tapi (ada) beban ekonomi, sosial apalagi Bulan Ramadan," jelasnya.

Ia kembali mengingatkan Pemprov DKI ingin mengubah sudut pandang bahwa tenaga medis adalah garda terakhir penanganan covid-19. Untuk itu, masyarakat harus serius menaati physical distancing. Karena pilihan ketika warga terkena covid hanya ada dua yakni penyembuhan (recovery) atau pemakaman (cemetery).

"Kalau kita gagal cegah, jebol, jadi pasien, maka masuk garda belakang. Pertahanan terakhir kita tenaga medis. Tenaga medis itu garda terakhir kalau masuk rumah sakit bisa 'recovery'. Kalau sekarang pilihan ke RS itu dua, recovery atau cemetery," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pejalan Kaki dan Pesepeda Jadi Raja Jalanan Selama PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 23:30 WIB
Dalam pasal 21 ayat 1 berbunyi 'Selama masa transisi untuk semua ruas jalan diutamakan bagi pejalan kaki dan pengguna transportasi...
MI/Ramdani

Anies Resmi Teken Keputusan Tentang PSBB Transisi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Juni 2020, 22:42 WIB
Keputusan Gubernut No 563 tahun 2020 tentang Pemberlakuan, Tahapan, dan Pelaksanaan Kegiatan/Aktivitas PSBB Pada Masa Transisi Menuju...
MI/Ramdani

Tiga Bandar Ganja Dituntut Hukuman Mati

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 05 Juni 2020, 21:43 WIB
Tiga terdakwa bandar ganja 219 kilogram (kg) dituntut jaksa penuntut umum dengan pidana mati, dalam persidangan di Pengadilan Negeri...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya