Kamis 07 Mei 2020, 02:30 WIB

Denpasar Rencanakan Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Ruta Suryana | Nusantara
Denpasar Rencanakan Terapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

MI/Ruta Suryana
Rakor Pemkot Denpasar dengan Forkompimda Kota Denpasar membahas tentang percepatan penanganan Covid-19 di Denpasar, Rabu (6/5).

 

DALAM upaya menangani wabah Covid-19, Pemerintah Kota Denpasar berencana menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) yang berbasis di desa dan kelurahan serta desa adat.

"Saat ini sudah terjadi transmisi lokal. Hal ini sangat berbahaya jika tidak dikendalikan dengan menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat," kata Wali Kota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Denpasar di Graha Sewaka Dharma Lumintang, Rabu (6/5).

Dasar hukum penerapan PKM nantinya adalah Peraturan Wali Kota (Perwali) yang draftnya sudah diajukan ke Gubernur Bali untuk mendapatkan persetujuan. Rencana penerapan PKM ini mendapat dukungan dari Forkopimda Denpasar.

Penerapan PKM ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan. Hingga kini, aktivitas masyarakat di luar rumah masih berjalan seperti biasa.

Kapolresta Denpasar, Ajun Komisaris Besar Avitus Panjaitan menyarankan agar Perwali ini bisa segera diterapkan untuk mendisiplinkan masyarakat. "Jajaran kami siap mendukung dan mengamankan rencana penerapan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat," kata Avitus .

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kota Denpasar, Gusti Ngurah Gede. Bahkan, Ngurah Gede memintaagar seluruh desa dan kelurahan bisa serentak melaksanakan PKM ini termasuk menerapkan sanksi tegas. (R-1)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Para Sopir Pengantar Ikan di Sikka Ancam Sandera Mobil BBM

👤Gabriel Langga 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:49 WIB
Kecewa dan diperlakukan tidak manusiawi oleh aparat, para sopir pengantar ikan mengancam akan menyandera mobil BBM dari Sikka ke...
MI/Supardji Rasban

Grup WA Brebes Bagi Masker Setelah Ditemukan Banyak Warga Abai

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:43 WIB
Pembagian masker sekaligus penyemprotan cairan disinfektan dilakukan di persimpangan jalan utama kota Kecamatan Ketanggungan, arah menuju...
dok polda jatim

Kampung Tangguh Semeru Tulungagung Dilengkapi Pospol Digital

👤RO/Micom 🕔Senin 01 Juni 2020, 08:34 WIB
Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dicanangkan Kapolda Jatim guna memutus mata rantai penyebarang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya