Kamis 07 Mei 2020, 00:17 WIB

Bappenas : Pekerjaan Fisik IKN Ditunda, Kajian Ilmiah Lanjut

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Bappenas : Pekerjaan Fisik IKN Ditunda, Kajian Ilmiah Lanjut

MI/M.Irfan
menter PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa

 

MENTERI Perencangaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas)Suharso Monoarfa memastikan, pekerjaan fisik terkait Ibu Kota Negara (IKN) baru kini ditunda selama pandemi covid-19.

Meski demikian, kajian soal pemindahan ibu kota masih terus dilakukan oleh ahli. Hal itu, katanya sekaligus menjawab spekulasi yang berkembang di masyarakat soal isu pemindahan ibu kota di tengan pandemi covid-19

“Saya tegaskan terkait hal yang lagi hot issue, yaitu IKM dilanjut apa nggak. Dalam kondisi ini kita tidak ada pemikiran untuk memulai pembangunan fisik," ungkapnya dalam rapat kerja secara virtual bersama Komisi XI DPR RI, Rabu (6/5) malam.

Suharso mengakui saat ini terjadi kesalahpahaman atau missleading terkait proyek IKN. Padahal, proyek yang berlanjut ialah kajiannya, bukan pengerjaan fisiknya atau pembangunan apapun.

Baca juga : Sidang Kabinet Bahas Pedagang Bakso agar Dapat Bantuan

Menurutnya, kajian IKN tetap perlu dilakukan karena pertimbangan saat ekonomi Indonesia sudah pulih, pemerintah sudah siap dengan konsep yang matang.

"Kajiannya tetap kita mulai dengan pertimbangan kalau terjadi recovery economy kita siap. Pekerjaan fisik ditinggalkan," pungkas Suharso.

Selain itu, sambung Suharso, Bappenas juga sudah melakukan realokasi anggaran untuk penanganan covid-19. Jumlah anggaran yang dipangkas mencapai Rp664 miliar atau 35% dari total anggaran kementerian. (OL-7)

Baca Juga

Dok BNI

Ini Strategi BNI Hadapi New Normal

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 26 Mei 2020, 21:35 WIB
Covid-19 memang telah menjadi sebuah peluang dan tantangan baru. Keberadaannya mempercepat era Revolusi Industri...
DOK KEMENTAN

Petani Bandung Dilatih Kembangkan Pangan Lokal dari Daun Singkong

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Mei 2020, 19:41 WIB
P4S Sawargi, Kabupaten Bandung, tengah membina petani masyarakat dan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) mengembangkan pangan lokal dari...
Antara/Raisan Al Farisi

Industri Makanan Rajai Sektor Manufaktur

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 26 Mei 2020, 19:32 WIB
Data BKPM menunjukkan nilai investasi industri makanan dalam lima tahun terakhir mencapai Rp 293,2 triliun, atau dengan persentase...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya