Rabu 06 Mei 2020, 21:55 WIB

Warga Jakarta Dapat Bantuan Seribu Nasi Bungkus

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Warga Jakarta Dapat Bantuan Seribu Nasi Bungkus

MI/Dede Susianti
Ibu-ibu PKK di Bogor menyiapkan nasi bungkus

 

Program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai dimanfaatkan publik untuk berbagi di masa pandemi covid-19. Seperti yang dilakukan oleh Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia. Kolaborasi tersebut diwujudkan dalam bentuk donasi 1.000 nasi bungkus bagi warga terdampak covid-19.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria turut menyaksikan penyerahan donasi di Balai Kota Jakarta, pada Rabu (6/5).

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Ariza itu menyampaikan sejak adanya wabah covid-19 ini, sebagian warga, baik yang ber-KTP DKI Jakarta maupun non-KTP DKI Jakarta, kehilangan mata pencaharian. Sejumlah warga pekerja informal tersebut mendapatkan penghasilan secara harian, sehingga saat PSBB diberlakukan, kemampuan ekonomi mereka berkurang.

“Kami di Pemprov DKI Jakarta sudah mulai mendistribusikan bantuan sosial sejak sebelum pemberlakuan PSBB. Di tahap awal, ada 1,2 juta KK terdampak yang mendapatkan manfaat dari bansos ini. Di tahap kedua ada tambahan penerima,” ungkap Ariza dalam keterangan resmi Pemprov DKI, Rabu (6/5).

Ariza pun menyampaikan terima kasih kepada para Pengusaha Jasa Boga atas donasinya tersebut.

“Semoga kolaborasi ini menginspirasi yang lain juga untuk bersama-sama kita menguatkan solidaritas. Kita punya banyak kampung padat yang tidak hanya terjangkit covid-19, tapi juga terdampak secara ekonomi. Ini yang harus kita perhatikan sungguh-sungguh,” paparnya.

Ketua Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia DPD DKI Jakarta, Tashya Megananda menyampaikan bahwa pihaknya sebelumnya telah menyerahkan 500 nasi bungkus untuk DKI Jakarta yang diserahkan ke BUMD PT Jakarta Tourisindo serta ke tenaga kesehatan di RSUD Pasar Minggu dan RSUP Persahabatan.

“Sehingga, total donasi yang telah diberikan untuk DKI Jakarta sebanyak 1.500 nasi bungkus. Kami berharap dengan adanya pemberian ini, mampu meringankan beban ekonomi masyarakat DKI Jakarta yang menjadi episenter covid-19 selama ini. Terlebih di Bulan Ramadan ini, kita didorong untuk saling membantu sesama menguatkan persaudaraan,” kata Tashya.

Diketahui, Asosiasi Pengusaha Jasa Boga Indonesia DKI Jakarta terdiri atas 300 anggota yang memiliki usaha katering, mulai dari katering pernikahan, industri, hingga rumah makan. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat tercapai Program 1 Juta Donasi Nasi Bungkus seluruh Indonesia untuk membantu perekonomian masyarakat yang terdampak covid-19.

Program KSBB Pemprov DKI adalah penyediaan platform bagi masyarakat untuk bisa berdonasi sesuai kemampuan serta kebutuhan pihak-pihak yang membutuhkan bantuan atau terdampak karena pandemi covid-19. Melalui platform ini, Pemprov DKI melampirkan jenis-jenis bantuan yang bisa diberikan serta target sasarannya untuk memudahkan siapa saja yang ingin turut berdonasi untuk ikut dalam penanganan covid-19.

Hadir pula dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Irmansyah dan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia. (OL-14)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Dianggap Efektif, Ombudsman Minta SIKM Tetap Ada Selama Transisi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Juni 2020, 17:10 WIB
Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Teguh P Nugroho berpendapat selama masa transisi PSBB, kebijakan soal Surat Izin Keluar Masuk (SIKM)...
Ant/Dhemas Reviyanto

72 Pendatang Tanpa SIKM DKI Dikarantina di GOR Pulogadung

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:35 WIB
SEBANYAK 72 orang pendatang tanpa Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta terjaring di check point perbatasan wilayah Ibu Kota. Mereka...
Dok MI

Ombudsman Nilai Dinas Sosial Slow Response soal Bansos

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 05 Juni 2020, 16:20 WIB
Untuk itu, Ombudsman Jakarta meminta Pemprov bisa memberikan bansos yang lebih baik kepada warga selama masa transisi pembatasan sosial...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya