Rabu 06 Mei 2020, 18:40 WIB

DPRD: Kaji Ulang Putusan Kemenhub Tentang Izin Transportasi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD: Kaji Ulang Putusan Kemenhub Tentang Izin Transportasi

MI/Bary Fathahilah
Penumpang bus di terminal Lebak Bulus

 

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz angkat bicara soal keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengizinkan seluruh transportasi beroperasi mulai besok (7/5). Ia meminta langkah tersebut harus dipertimbangkan kembali.

"Menurut kami, harus dikaji ulang karena penularan covid-19 paling banyak di kendaraan umum," jelas Aziz, Jakarta, Rabu (6/5).

Kemenhub, katanya, seharusnya mengikuti aturan yang selama ini sudah tertuang dalam Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar  (PSB) dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Namun, apabila keputusan Kemenhub tetap diteruskan, perlu ada pengawasan yang ketat.

"Jika ingin diaktifkan harus ada kontrol yang ketat untuk penerapan prosedur covid-19," imbuh Aziz.

Baca juga: Operasi Ketupat, 23.405 Kendaraan Diminta Putar Balik

Meski dalam keputusan Kemenhub disebutkan bahwa pejabat negara atau anggota DPR yang bepergian untuk kepentingan tugas negara diperbolehkan menggunakan semua moda transportasi, tapi hal itu perlu diwaspadai.

"Ya, prosedur harus diterapkan tanpa pandang bulu," tukas politikus PKS.

Sebelumnya, ia juga menyoroti masih lemahnya penindakan tegas Pemprov DKI terhadap pelanggar PSBB. Terlebih soal banyaknya warga yang sudah keluar dari Jakarta menuju kampung halaman. Aturan pembatasan ketat arus masuk ke Ibu Kota harus segera dikeluarkan.

"Kejelasan hukum sangat penting, sehingga masyarakat benar-benar paham. Kalau orang yang balik dari mudik itu diapakan. Apakah sekadar disuruh putar balik atau seperti apa? Harus jelas aturannya," pungkas Aziz. (OL-14)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pengurusan SIKM Jakarta Dikeluhkan Masyarakat

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:30 WIB
KEPALA Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra tidak menampik banyaknya...
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/hp.

Pengusaha Mal Berjanji Terapkan Jaga Jarak Fisik

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:15 WIB
KETUA Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat mengungkapkan pengelola pusat belanja dan retailer telah...
Putri Yuliani

Ibu Kota belum Siap Hadapi Normal Baru

👤MI 🕔Kamis 28 Mei 2020, 07:05 WIB
SEMANGAT normal baru (new normal) yang demikian kuat berembus semakin menekan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar ikut...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya