Rabu 06 Mei 2020, 18:30 WIB

DPRD Pastikan Harga Paket Sembako DKI Tahap 2 Bertambah

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
DPRD Pastikan Harga Paket Sembako DKI Tahap 2 Bertambah

Antara
Warga DKI menunjukkan bansos yang diterimanya

 

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menyebut harga paket sembako tahap kedua bertambah. Diketahui, nominal bantuan sembako tahapan pertama sebesar Rp149.500 untuk tiap kepala keluarga (KK) yang terdampak covid-19.

"Nilainya nambah karena menjelang Idul Fitri. Informasinya sih antara Rp250 ribu sampai dengan Rp300 ribu ya nilainya," kata Mujiyono saat dihubungi, Jakarta, Rabu (6/5).

Dengan adanya penambahan harga bansos tahap kedua itu, otomatis isi paket sembako juga akan bertambah. Mujiyono mengusulkan ada penambahan soal volume beras. Ia menyarankan dari beras 5 kilogram bisa ditambah menjadi 15 kilogram.

Jumlah penerima bansos, sebut Mujiyono juga akan bertambah lebih dari 700 ribu KK. Jadi, total penerima bansos diperkirakan mencapai 2 juta KK dari sebelumnya ada 1,19 juta KK.

Baca juga: Nilai Bansos DKI Tahap Kedua Disesuaikan dengan Pusat

"Jumlah orangnya bertambah, penerimanya bertambah, sehingga bansos pangannya ada tambah. Mungkin bisa jadi kalo menjelang Hari Raya ada terigu kali ya.. ha ha," kata Politikus Demokrat itu.

Mujiyono juga mengusulkan sebaiknya bansos berikutnya berupa bantuan langsung tunai (BLT) berupa cash transfer. Dinas Sosial atau pihak Kelurahan meminta data nomor rekening dari salah satu anggota keluarga dari 1.194.633 KK penerima bantuan

Untuk KK yang memiliki nomor rekening bantuan diberikan secara tranfer dan bagi KK yang tidak memiliki nomor rekening maka bantuan diberikan secara tunai.

"Dengan BLT nilai (bansos) akan lebih besar juga karena enggak ada ongkos distribusi, beli kardus enggak ada. Bisa jadi uang. Bisa fleksibel. Dia gak butuh beras, dia butuh lauk," pungkas Mujiyono. (OL-14)

Baca Juga

Antara

DPRD : DKI Bakal Terapkan PSBB Transisi Selama 1 Bulan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:33 WIB
Skema PSBB transisi selama satu bulan dirancang dengan monitoring dan evaluasi yang ketat dihampir tiap aktivitas warga...
Antara

Tahap Awal New Normal, Tiket TMII Beli Satu Gratis Satu

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:23 WIB
Manajer Informasi TMII, Ira, mengatakan, promo tersebut berlaku pada tiket pintu masuk TMII dan seluruh wahana di...
MI/M Irfan

Besok, Pasar Tanah Abang akan Disemprot Desinfektan

👤Insi Nantika Jelita/Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:15 WIB
Besok pagi, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta melakukan penyemprotan desinfektan pada fasilitas umum...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya