Rabu 06 Mei 2020, 14:56 WIB

BI: Optimisme Konsumen Melemah Cukup Dalam

Despian Nurhidayat | Ekonomi
BI: Optimisme Konsumen Melemah Cukup Dalam

Antara/Asep Fathulrahman
Konsumen memilih busana muslim di tengah pasar yang sepi.

 

BANK Indonesia (BI) merilis survei konsumen pada April 2020 yang mengindikasikan pelemahan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal itu tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2020 sebesar 84,8, atau turun dibandingkan dengan Maret 2020 sebesar 113,8.

"Melemahnya optimisme konsumen terutama disebabkan penurunan persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Dengan penurunan terdalam pada indeks penghasilan saat ini dan ketersediaan lapangan kerja," bunyi keterangan Departemen Komunikasi BI, Rabu (6/5).

Baca juga: Ramadan, Tingkat Inflasi di Jakarta Terkendali

Sementara itu, dari sisi ekspektasi, konsumen masih relatif optimistis terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada enam bulan mendatang. Walaupun tidak sekuat perkiraan bulan sebelumnya.

"Optimisme tersebut ditopang perkiraan penghasilan yang meningkat dan kegiatan usaha yang kembali membaik pada enam bulan mendatang. Seiring dengan perkiraan meredanya pandemi covid-19 di Indonesia," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Kemendesa PDTT Terima 500 Aduan Terkait BLT Dana Desa

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:26 WIB
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi telah menerima 500 aduan terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa...
MI/SUSANTO

Terdampak Covid-19, Pendapatan Perusahaan PR Anjlok Hingga 50%

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 03 Juni 2020, 21:14 WIB
Wabah covid-19 yang tengah melanda Indonesia beberapa bulan terakhir  telah memukul perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan...
MI/Heri Susetyo

Perubahan Pelunasan Utang Sukuk Garuda Diumumkan 10 Juni

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Rabu 03 Juni 2020, 20:58 WIB
Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Mitra Piranti mengungkapkan bahwa persetujuan perubahan kesepakatan utang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya